Puluhan Mall Kembali Dibuka Jelang “New Normal”: 10 List Ada Di Bogor



Bogor, 28 Mei 2020 - Siapa sebenarnya yang paling berbahagia dengan diberlakukannya tatanan hidup baru pandemik Covid-19 atau New Normal? Tentu para pengusaha, baik berskala kecil maupun besar. Pastinya, masyarakat juga pasti memberi respon positif akan hal ini, setelah ‘terkurung’ selama 2 bulan lebih.
Harus diakui bahwa kebijaksanaan ini disambut gembira oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia atau lebih dikenal dengan singkatan APPBI, Jawa Barat. Arman Hermawan, sebagai ketua APPBI Jabar mengungkapkan bahwa persiapan untuk mengoperasikan kurang lebih 70 pusat perbelanjaan di kota-kota besar di seluruh Jawa Barat--termasuk Bandung--telah ia siapkan. 
Ia mengungkapkan bahwa persiapan ini sembari menantikan usainya Pembatasan Sosial Berskala Besar di kota Bandung, tepatnya pada 29 Mei 2020. Memang, PSBB di beberapa kota lain di Jawa Barat belum usai. Tetapi, ia mengaku telah memiliki antisipasi untuk berbagai kemungkinan beroperasinya pusat perbelanjaan, dengan pemberlakuan protokol kesehatan secara disiplin.

Akankah Pengunjung Mall Disiplin Seiring Dengan Kesiapan Pelaku Usaha?

Kesiapan pelaku usaha harus diimbangi kedisiplinan warga jika tak ingin perpanjang pandemik corona Padahal, New Normal berpotensi menimbulkan gelombang Corona kedua, seperti yang juga terjadi di beberapa negara lainnya, seperti Tiongkok dan juga negara-negara di Eropa, serta Amerika Serikat. Namun, APPBI tetap yakin bahwa ada 73 pusat perbelanjaan yang siap beroperasi, setelah tutup kurang lebih dua bulan sejak Maret 2020.
Rencananya, beberapa pusat perbelanjaan besar serentak dibuka pada 30 Mei 2020. Memang, tidak semua mall akan membuka semua gerainya secara bersamaan. Pengaturan gerai yang dibuka juga perlu mendapat perhatian khusus, terutama gerai kuliner yang pasti menjadi pusat kerumunan.
Dapatkah APPBI Jawa Barat menjamin bahwa semua pengunjung mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan? Hal ini terutama saat harus menjaga jarak dengan pengunjung lainnya. Masalah utama sebenarnya bukan pada jarak antar manusia, tetapi kerumunan massa dalam satu tempat dapat mempermudah penularan virus Covid-19, dimana pengunjung dapat dengan mudah menyentuh benda-benda yang juga disentuh orang lain.

Apa Saja Deretan Mall Favorit Warga Yang Siap Dibuka?

Tentu, Bandung sebagai ibukota Jawa Barat menjadi ‘pelopor’ dalam pengoperasian mall. Tercatat ada beberapa pusat perbelanjaan yang juga menjadi tempat favorit untuk ‘nongkrong’ yakni Braga City Walk, Cihampelas Walk, Paris Van Java, Trans Studio, Festival CityLink, menyusul beberapa pusat perbelanjaan yang tersebar di seluruh Bandung dan kawasan di sekitarnya, seperti Sumedang dan Cimahi. Mall-mall raksasa yang ada di beberapa kota di Jawa Barat seperti Bekasi, Cikarang, Bogor, dan Depok pun tak ingin kalah. Hampir semua mall menyatakan kesiapannya untuk menyambut New Normal.  Mall terbanyak berada di kawasan Bekasi, terutama yang terletak di perbatasan Jawa Barat dan DKI Jakarta.  Mall-mall tersebut adalah Summarecon Mall.
Trans Studio Mall, Mal Ciputra serta Plaza Cibubur pun kompak untuk beroperasi kembali selain Mall Metropolitan dan Mall Lagoon Avenue Bekasi. Dipastikan semua pusat perbelanjaan di seluruh Bekasi menyusul. 
Sedangkan di Bogor, masih tercatat satu pusat perbelanjaan yang siap buka yakni Pusat Grosir Bogor Merdeka. Sama halnya dengan mal raksasa seperti Botani Square yang juga siap dibuka kembali. Secara detail, berikut 10 mall yang direncanakan buka kembali di tengah situasi New Normal:
  1. Bellanova Country Mall
  2. Botani Square Bogor
  3. Bogor Trade Mall
  4. Lippo Plaza Keboen Raya Bogor
  5. Mall Metropolitan Cileungsi
  6. Trans Studio Mall Cibubur
  7. Boxies 123
  8. Pusat Grosir Bogor Merdeka
  9. Pangrango Plaza
  10. Cibinong City Mall
Tentunya, mal seluruh Jawa Barat nantinya akan segera beroperasi secara bertahap, sembari menyiapkan pelaksanaan protokol kesehatan dengan benar.  Namun, wacana ini sekedar wacana dari APPBI, dimana pemerintah daerah Jawa Barat masih belum memberikan surat keputusan, apakah tanggal 30 Mei 2020 sudah memperbolehkan operasional dari seluruh pusat perbelanjaan di Jawa Barat. 

Editor: Rahmi
Foto: Ayobogor.com

0 Komentar