Studi Terbaru Ungkap Kemungkinan Tingkat Keparahan Covid-19 Berdasarkan Golongan Darah

Ilustrasi Golongan Darah

Bogor, 21 Juni 2020 – Sebuah analisis genetik terbaru pasien Covid-19 menunjukkan bahwa golongan darah mungkin saja dapat berpengaruh pada tingkat keparahan Covid-19 yang diderita seseorang, seperti yang diungkapkan oleh sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine.

Studi yang melibatkan para peneliti di Italia, Spanyol, Denmark, Jerman, dan beberapa negara lainnya tersebut membandingkan sekitar 2.000 pasien Covid-19 parah di Eropa dengan beberapa ribu orang sehat ataupun memiliki gejala ringan atau tanpa gejala.

Para peneliti menemukan, orang yang memiliki golongan darah A lebih mungkin mengidap penyakit parah, sementara orang dengan golongan darah O memiliki kemungkinan lebih kecil.

“Data genetik kami mengkonfirmasi bahwa golongan darah O dikaitkan dengan risiko terjangkit Covid-19 yang lebih rendah dibanding golongan darah non-O, sedangkan golongan darah A diasosiasikan dengan risiko yang lebih tinggi dibanding golongan darah non-A,” tulis mereka pada laporan tersebut.

Para peneliti menemukan, orang dengan golongan darah A memiliki risiko 45 persen lebih tinggi untuk terinfeksi dibanding golongan darah lainnya, dan orang bergolongan darah O hanya memiliki kemungkinan 65 persen untuk terinfeksi dibandingkan orang dengan golongan darah lainnya.

Selain itu, mereka juga menemukan bahwa beberapa kelompok gen tertentu memiliki kaitan dengan kemungkinan untuk mengidap Covid-19 parah yang lebih tinggi. (JPC/Xinhua/Antara)

Editor: Rinala Nabila

0 Komentar