Zona Hijau Covid-19 di Kabupaten Bogor Baru Mencapai Tiga Kecamatan


Bogor 14 Juli 2020 - Pemerintah Kabupaten Bogor masih harus bekerja lebih keras lagi guna menurunkan jumlah kecamatan dengan zona merah. Hingga berita ini diturunkan, Kabupaten Bogor hanya memiliki tiga kabupaten dengan zona hijau.
Memang ada kemajuan dalam angka penurunan pasien Covid-19. Namun, banyak hal yang harus diperhatikan, karena memang masih ada kans untuk penambahan jumlah pasien. Penambahan jumlah kasus pasien positif bisa terjadi apabila masyarakat lalai dalam memberlakukan protokol kesehatan.

Hanya 44% Pasien Sembuh

Dari catatan yang berhasil dikumpulkan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, tercatat kurang lebih 180 orang yang sedang berstatus sebagai pengidap positif dari Covid-19, namun akhirnya sembuh. Tetapi, ada fakta lainnya yang harus diperhatikan. Jumlah tersebut adalah hanya sekitar 44% dari total pasien yang menderita positif Covid-19,yaitu 408 pasien.
Kabar baiknya adalah, jumlah pasien yang sembuh justru meningkat. Hal ini jika dibandingkan dengan jumlah penambahan kasus pasien positif Covid-19. Hingga saat ini, hanya tiga kecamatan di Kabupaten Bogor dengan zona hijau. Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Cariu, Sukamakmur dan  Tenjo.
Data statistik menunjukkan bahwa ada sebelas kecamatan dengan status zona kuning. Sedangkan sisanya, adalah dua puluh enam kecamatan dengan status zona merah Covid-19. Tren positif sudah terlaksana, sehingga Kabupaten Bogor sudah mengalami kemajuan signifikan dalam upaya penurunan kasus positif Corona.

Ade Yasin Paparkan Data Pasien Sembuh

Ade Yasin mengatakan bahwa pasien yang sembuh sudah cukup banyak, dimana hal ini merupakan pertanda baik. Saat ditemui awak pers pada 13 Juli 2020, ia berujar bahwa kasus positif hingga 12  Juli 2020, adalah sebanyak 408 kasus. Sedangkan kasus kematian dari pasien dengan status positif Covid-19 ada 20 orang. Hingga berita ini diturunkan pada Selasa 14 Juli 2020, sebanyak 205 pasien yang masih dirawat di rumah sakit karena dinyatakan positif Covid-19.
Kabar yang cukup menggembirakan datang dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor. Menurut data, pasien sembuh selalu bertambah dalam kurun sepekan terakhir. Pada Minggu 12 Juli 2020, tercatat total pasien yang sembuh berjumlah sepuluh orang. 10 orang tersebut adalah warga dari Kecamatan Cileungsi dan Kecamatan Bojonggede.

Kabupaten Bogor Perlu Lakukan Tindakan Lebih Preventif

Sejauh ini, Kabupaten Bogor memang memiliki kawasan dengan status zona merah Covid-19 dalam jumlah yang cukup banyak.Bahkan, jumlah tersebut mendominasi jumlah zona hijau dan kuning. Hal ini tentu harus menjadi introspeksi bagi semua warga Kabupaten Bogor. Pasalnya, ada beberapa kecamatan yang dapat bertahan dengan zona hijau, bahkan sejak pandemi Covid-19 terjadi.
Kecamatan tersebut adalah kecamatan Tenjo.  Padahal, mayoritas warganya juga berinteraksi dengan penduduk di luar  Bogor, seperti Jakarta, Tangerang, dan juga Bekasi. Perilaku positif dari warganya tentu dapat juga ditiru oleh semua warga Kabupaten Bogor.
Kedisiplinan warga saat ini menjadi pekerjaan rumah, tidak hanya bagi Pemerintah Kabupaten Bogor dan juga Dinas Kesehatan setempat. Tetapi, masyarakat di setiap kecamatan dengan zona merah dan kuning di seluruh Kabupaten Bogor harus lebih memperhatikan kedisiplinan diri. 
Fasilitas umum di seluruh Kabupaten Bogor juga sudah memberikan sarana untuk pengunjung dalam berperilaku bersih, terutama mencuci tangan. Aparat pun sudah sering melakukan pemeriksaan, terutama di tempat-tempat hiburan malam yang rawan keramaian. Dengan demikian, tugas warga Kabupaten Bogor adalah meningkatkan kewaspadaan, dengan menaati protokol kesehatan di era new normal ini.
Editor: Shara Nurrahmi

0 Komentar