Angka Pengangguran Naik Drastis, Ribuan Orang Bogor Cari Pekerjaan - Bogor Channel

Angka Pengangguran Naik Drastis, Ribuan Orang Bogor Cari Pekerjaan

Bogor, 13 Agustus 2020 - Sepanjang masa pandemi, semua sektor diawasi untuk melihat seberapa jauh menurunnya grafik karena harus diberhentikan untuk sementara waktu. Tak terkecuali sektor ketenagakerjaan dimana Disnaker Kabupaten Bogor mencatat jumlah pencari kerja yang semakin meningkat. 

Hal ini disebabkan oleh mewabahnya virus corona yang sempat parah beberapa waktu lalu. Dimana dampaknya beberapa perusahaan di berbagai bidang mengadakan pengurangan karyawan. Karena kejadian ini, membuat orang-orang yang diberhentikan secara mendadak harus mencari pekerjaan lainnya untuk mendapatkan pemasukan. Baik di masa PSBB maupun nanti ketika keadaan sudah kembali berjalan normal. 

Berbeda Dengan Bulan April yang Masih Sedikit Pencari Kerja

Joko Sumarno selaku Kepala Bidang Penempatan Dan Perluasan Lapangan Kerja Kabupaten Bogor mengaku telah mencatat peningkatan masyarakat yang mencari kerja. Ia mengatakan bahwa hingga saat ini di wilayahnya tercatat hingga 154 pencari kerja. Padahal, pada bulan April lalu berdasarkan Bogor Career Center (BCC) paling banyak hanya terdapat 43 pencari kerja saja. 

Tak menutup kemungkinan, di luar Kabupaten Bogor juga banyak karyawan yang diberhentikan secara mendadak sehingga harus mencari pekerjaan lain. Adanya peningkatan ini memang dampak besar dari COVID-19 sehingga mempengaruhi perekonomian yang melemah. Tapi, bagaimanapun segala kebijakan mengenai pembatasan aktivitas termasuk bekerja harus dilakukan  demi kebaikan bersama. 

Jumlah Pencari Kerja Terus Mengalami Peningkatan

Ketika sejumlah sektor sudah kembali dibuka, jumlah pencari kerja pun semakin tinggi. Kecuali beberapa bidang yang memang belum diizinkan untuk beroperasi dan masih di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Salah satu sektor yang belum diizinkan untuk dimulai kembali adalah pendidikan. 

Seiring dengan dibukanya pariwisata, kuliner, dan juga perusahaan lainnya, sejumlah orang memang sudah bisa melaksanakan aktivitas kerjanya kembali seperti biasa. Hal ini dilakukan demi memperbaiki kondisi perekonomian yang saat ini menurun dan semakin melemah.  

Oleh karena itu, pemerintahan pusat menetapkan agar sektor perekonomian dibuka asalkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, akan lebih baik jika diadakan beberapa shift sehingga dalam satu ruangan tidak sampai tercampur dengan terlalu banyak orang. 

Pencari Kerja Harus Segera Mengunjungi Website

Bagi orang-orang yang memang berminat untuk mencari kerja, maka disarankan untuk segera mengunjungi website lowongan kerja. Disana sudah terdapat banyak sekali perusahaan atau instansi yang membuka peluang bagi pengangguran. Tapi, perlu diketahui bahwa pencari kerja saat ini tidak hanya dari pengangguran yang diberhentikan dari tempat kerjanya yang lama saja. Melainkan, anak-anak yang baru lulus sekolah maupun kuliah pasti banyak yang memperebutkan pekerjan.

Melihat situasi yang seperti inilah warga Kabupaten Bogor dihimbau agar segera mencari pekerjaan melalui website. Terutama jika sudah memiliki pengalaman cukup lama sekitar 1 hingga 2 tahun pasti peluang diterima akan semakin besar. 

Tersedianya Banyak Situs Website untuk Mengurangi Tingkat Pengangguran

Mengingat bahwa protokol kesehatan tetap harus dijalankan, mencari kerja pun untuk saat ini murni dilakukan secara online saja. Mulai dari pengumpulan berkas lamaran atau CV hingga interview. Meskipun sedikit ribet, tapi masyarakat Kabupaten Bogor atau lainnya tetap harus melakukannya jika memang benar-benar ingin mendapatkan pekerjaan. 

Baru jika sudah mulai bekerja mungkin ada beberapa tes atau training lagi yang harus dilakukan secara langsung. Jadi, masyarakat tak perlu cemas  tentang penyeimbangan antara mendapatkan pekerjaan dengan tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari COVID-19. 

Editor: Shara Nurrahmi


Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda