Kerap Berpindah-pindah, Camat Cisarua Bogor Kesulitan Data Imigran Kampung Arab

BAGIKAN



Ombudsman Republik Indonesia mengungkapkan hasil pemeriksaan terkait tata kelola kawasan Kampung Arab di Cisarua, Kabupaten Bogor. Berdasarkan hasil investigasi Ombudsman RI, hingga kini masih belum terdapat data yang pasti mengenai jumlah imigran di Kampung Arab Cisarua. 

Camat Cisarua, Deni Humaedi mengakui sulitnya melakukan pendataan dan pengawasan terhadap imigran di kawasan Kampung Arab. Musababnya, mereka seringkali berpindah-pindah tempat. "Karena kadang mereka tidak menetap. Kadang ngontrak di sini, bulan depan di situ, berikutnya geser," kata Deni saat dihubungi, Jumat (31/7). 

Meski tak menapik banyaknya palang Arab, Deni menjelaskan, sebagian merupakan usaha milik Warga Negara Indonesia (WNA) sendiri. Sebab, palang itu, sebagai upaya untuk menarik pembeli. "Tidak seluruhnya pemiliknya Arab. Artinya masih ada WNI yang punya. Karena  lihat tren ya. Seperti misalnya, Rumah Makan Simbar, yang punya WNI, tapi memang keturunan arab," sangkalnya. 

Sedangkan, Kartu Identitas Anak (KIA) maupun administrasi kependudukan lainnya untuk anak hasil perkawinan campur, Deni menduga, temuan Ombudsman tersebut merupakan buntut dari isu kawin kontrak. 

"Kalopun tempo hari itu ada isu kawain kontrak bukan orang sini (warga Kabupaten Bogor). Awalnya dari situ, ujungnya kok ada mal administrasi," katanya. Deni mengatakan, adanya pelanggaran yang acap kali ditemui yakni overstay. Sementara, mengenai adanya WNI yang bekerja di sektor formal, ia memperkirakan, hal itu merupakan kerjasama."Ada yang sifatnya kerjasama ataupun kontrak," katanya. 

Dari hasil temuan Ombudsman tersebut, Deni mengatakan, akan menunggu perintah Bupati Bogor.  Pihaknya akan berupaya berkoordinasi dengan Badan PBB  urusan pengungsi (UNHCR) dan Kantor Imigrasi."Insya Allah, dengan hasil Ombudsman, apa yang harus dilakukan pemerintah daerah tahu," jelasnya. 

Sebelumnya, Anggota Ombudsman Republik Indonesia Adrianus Meliala mengungkapkan hasil pemeriksaan terkait tata kelola kawasan Kampung Arab di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/7). 

Adrianus mengungkapkan dari hasil investigasi Ombudsman RI, hingga kini masih belum terdapat data yang pasti mengenai jumlah imigran di Kampung Arab Cisarua."Kepada Ombudsman, aparat setempat mengaku kesulitan melakukan pendataan dikarenakan para imigran yang sering berpindah-pindah tempat," ujar Adrianus.

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,58,Berita,985,Budaya,16,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,124,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,202,Kriminal,61,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,66,Pemkot,8,Pengumuman,39,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Kerap Berpindah-pindah, Camat Cisarua Bogor Kesulitan Data Imigran Kampung Arab
Kerap Berpindah-pindah, Camat Cisarua Bogor Kesulitan Data Imigran Kampung Arab
https://1.bp.blogspot.com/-80Vinymitlk/XyUeQ-wY-GI/AAAAAAAAEq8/ejssxGG_QSgE_Kk1tiHXQvEdLPZ_cjN3gCLcBGAsYHQ/s0/Kampung%2BArab%2BBogor.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-80Vinymitlk/XyUeQ-wY-GI/AAAAAAAAEq8/ejssxGG_QSgE_Kk1tiHXQvEdLPZ_cjN3gCLcBGAsYHQ/s72-c/Kampung%2BArab%2BBogor.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/08/kerap-berpindah-pindah-camat-cisarua.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/08/kerap-berpindah-pindah-camat-cisarua.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin