22 Kecamatan di Kabupaten Bogor Langganan Bencana, Berikut Sebarannya

BAGIKAN


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mengklaim saat ini sudah dalam keadaan siap siaga bencana, mengingat curah hujan ekstrem kerap terjadi. Sebanyak 22 dari 40 kecamatan di Kabupayen Bogor rawan terjadi bencana.

Masyarakat yang tinggal di zona tersebut diminta waspada mengingat curah hujan saat ini cukup tinggi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor Dede Armansyah mengatakan ke-22 kecamatan yang rawan bencana tersebut berada di wilayah timur, selatan dan barat Kabupaten Bogor.

Untuk wilayah timur yakni kecematan Tanjungsari, Cariu, dan Sukamakmur. Wilayah Selatan yakni Megamendung, Cisarua, Ciawi, Cigombong, Cijeruk, dan Caringin.

Sedangkan wilayah barat berada di Kecamatan Tamansari, Tenjolaya, Pamijahan, Lewisadeng, Leweiliang, Sukajaya, Cigudeg, Jasinga, dan Nanggung.

Kata Dede menjelaskan, ada tiga faktor utama yang mendasari daerah-daerah tersebut menjadi rawan bencana longsor, yaitu faktor morfologi , geologi dan tata guna lahan.

"Morfologinya bergunung dan berlereng, kedua faktor geologinya daerah tersebut batuan atau tanahnya mengandung lempung yang memang apabila kena hujan akan berubah menjadi bidang gelincir dan ketiga faktor tata guna lahan jadi akibat tekanan penududuk kebutuhan pemukiman dan pertananian sekarang makin merambah ke daerah yang berlereng dan tepi jurang. Ini faktor longsor terjadi," Dede menerangkan, Senin 28 September 2020.

Di samping itu, tambah Dede, ada faktor pendukung yang sangat mempengaruhi ketiga faktor dasar tadi yakni hujan. Setelah ketiga faktor tersebut ada, ketika dipicu curah hujan tinggi maka terjadi longsor.

Kemudian, untuk daerah rawan banjir secara garis besar juga termasuk dalam wilayah rawan longsor tersebut. Namun, ada 8 sungai besar di Kabupaten yang harus diwaspadai oleh masyrakat dibantaran saat curah hujan tinggi karena berpotensi banjir.

Paling tidak ada 8 sungai utama di Kabupaten Bogor yang harus diantisipasi karena rawan banjir dari arah timur itu ada Sungai Cipamingkis dan Cibeet.

Di tengah ada Sungai Cileungsi, Sungai Cikeas, Ciliwung dan Cisadane. Yang di barat ada Sungai Cidurian, Cianten termasuk anak sungainya. Ini adalah sungai-sungai besar yang rawan banjir.

Tidak hanya itu, daerah hulu sungai seperti Puncak untuk aliran Sungai Ciliwung dan hulu Sungai Cianten yang menyebabkan banjir di wilayah Kecamatan Pamijahan pada Senin 21 September 2020 lalu.

Sementara untuk antisipasi, pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat khususnya yang tinggal di daerah rawan juga membentuk desa tangguh bencana yang isinya satgas serta relawan.

"Kita juga lakukan edukasi dan sosialisasi ke sekolah-sekolah, pesantren ini terus kita lakukan. Juga melalui medos seperti di WA grup itu kita juga kesiapsiagaan hadapi bencana,”

“Kita juga menghimpun teman-teman yang tergabung di organisasi penggiat anti bencana di forum pengurangan resiko bencana. Mereka juga cukup aktif melakukan edukasi dan sosialisasi penanggulangan bencana ke warga," tutup Dede.***

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,61,Berita,1150,Budaya,19,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,160,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,265,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,69,Pemkot,8,Pengumuman,46,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: 22 Kecamatan di Kabupaten Bogor Langganan Bencana, Berikut Sebarannya
22 Kecamatan di Kabupaten Bogor Langganan Bencana, Berikut Sebarannya
https://1.bp.blogspot.com/-u-tf15vuFD8/X3FnjPJjzTI/AAAAAAAAA-c/whspIoP1zXYPzgkfUTTfD9tJiz5p95bMACLcBGAsYHQ/s320/22%2BKecamatan%2Bdi%2BKabupaten%2BBogor%2BLangganan%2BBencana%252C%2BBerikut%2BSebarannya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-u-tf15vuFD8/X3FnjPJjzTI/AAAAAAAAA-c/whspIoP1zXYPzgkfUTTfD9tJiz5p95bMACLcBGAsYHQ/s72-c/22%2BKecamatan%2Bdi%2BKabupaten%2BBogor%2BLangganan%2BBencana%252C%2BBerikut%2BSebarannya.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/09/22-kecamatan-di-kabupaten-bogor.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/09/22-kecamatan-di-kabupaten-bogor.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin