Longsor di Kota Bogor Runtuhkan Tiga Rumah

Tiga rumah warga yang berada di bantaran Kali Cidempit tepatnya Kampung Kebon Manggis Munjul, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor terbawa longsor. Beruntung, tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian ini.

Anggota Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Achmad Maulana mengatakan peristiwa itu terjadi sekira pukul 02.15 WIB dini hari tadi. Tiga rumah yang berada di atas tebingan setinggi 8 meter terbawa longsor.

"Ada tiga rumah warga yang terbawa material longsoran (rusak berat) ke Kali Cidepit," kata Maulana, dalam keterangannya, Kamis (17/9/2020).

Ketiga rumah yang terbawa longsor itu atas nama Gandi dengan 1 KK 3 orang, Angga 1 KK 4 orang dan 2 KK 4 orang. Longsor disebabkan intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kota Bogor ditambah kondisi tanah yang labil karena berada di sisi Kali Cidempit.

"Tebingan yang longsor ini posisinya memang berada di pinggir Kali Cidepit dengan tinggi sekitar 8 meter dan lebar sekitar 20 meter," tambah Achmad.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini karena penguhuni sudah berada di luar rumah. Namun, kejadian ini juga mengancam tiga rumah warga lainnya, putusnya jalan setapak warga sekitar hingga tiang PJU dan motor terbawa longsoran.

"Assessment telah dilakukan, juga kebutuhan bantuan evakuasi dampak longsoran, terpal, makanan serta logistik, untuk korban terdampak," tutupnya.

Sumber: okezone

0 Komentar