La Nina Sudah Mulai Menuju ke Wilayah Bogor

BAGIKAN


badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat melaporkan saat ini anomali iklim La Nina baru merambah di wilayah selatan Jawa Barat, seperti wilayah Garut, Sukabumi, Bogor, Tasikmalaya, dan Pangandaran.

Fenomena alam yang terjadi secara periodik dua sampai tujuh tahun ini diprediksi akan mulai bergeser ke wilayah tengah Jawa Barat seperti Ciamis, Bandung, dan mulai merambah ke Jabar bagian utara pada Desember mendatang.

“Januari-Februari bisa merata ke seluruh wilayah di Jawa Barat,” ujar Kepala Pelaksana Harian BPBD Jabar Dani Ramdan.

Dani mengatakan, ada beberapa langkah yang tengah dilakukan BPBD untuk meminimalisasi dampak bencana hidrometerologi yang dipicu oleh tingginya curah hujan yang tinggi.

“Kami sedang meningkatkan kesiapsiagaan dengan seluruh BPBD di kabupaten/kota, dan ada juga rapat koordinasi di tingkat provinsi dan kota/kabupaten dengan melibatkan Dinas PU, Dinkes, Dinsos, dan unsur relawan untuk merumuskan rencana kontigensi dan rencana aksi,” kata Dani.

Meski demikian, rapat koordinasi dan simulasi bencana tersebut dilakukan secara terbatas di daerah yang merupakan zona merah penyebaran Covid-19.

“Untuk zona merah tidak kita lakukan fisik, tetapi di tingkat desa/kecamatan bisa dilakukan,” katanya.

Selain memperkuat koordinasi antara daerah, BPBD Jabar juga melakukan susur sungai untuk mengantisipasi terjadinya penyumbatan arus sungai, seperti yang ditemukan pascabanjir bandang di Cicurug, Sukabumi.

“Longsoran di pinggiran sungai itu bisa kita bersihkan melalui kegiatan susur sungai,” katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan anomali iklim La Nina mencapai puncaknya pada Desember. Bersamaan dengan itu, puncak musim hujan di Indonesia juga diprediksi tiba pada Januari dan Februari 2021.

BPBD pun mewaspadai 12 daerah yang rawan bencana hidrometerologi seperti Sukabumi, Bogor, Cianjur Selatan, Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Pangandaran, Karawang, Subang, Bekasi kemudian wilayah Bandung Raya, seperti Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung.

“Kalau logistik sudah kita rutin ya dalam setahun itu dua sampai tiga kali kita perkuat kota/kabupaten. Kemarin menjelang kekeringan kemudian menjelang musim hujan kita dorong. Jadi logistik kita itu provinsi 80%-nya ada di kota/kabupaten di 27 didistribusikan. Nah 20% mana ada kabupaten yang ternyata habis, kita berikan dukungan lagi ke sana,” ujarnya.

Pemprov Jabar pun membuat konsep provinsi berbudaya tangguh bencana atau West Java Resilience Culture Province (JRCP).

“Blue print ini untuk menjawab kondisi kebencanaan Jabar yang memang sedemikian rupa di utara, selatan dan di tengah. Artinya sebenarnya prinsip dari JRCP itu tanggu bencana, yang pertama masyarakat yang memahami, mengetahui dan menyadari risiko bencana,” katanya.

Sumber: Pojok Jabar

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,64,Berita,1227,Budaya,19,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,187,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,295,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,72,Pemkot,8,Pengumuman,47,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,8,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: La Nina Sudah Mulai Menuju ke Wilayah Bogor
La Nina Sudah Mulai Menuju ke Wilayah Bogor
https://1.bp.blogspot.com/-IiyeIzNjqqw/X5DynrIZF_I/AAAAAAAABDU/gPU94hyKMbYaJtB2XGmTijiNR6hamqwAgCLcBGAsYHQ/s320/cuaca.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-IiyeIzNjqqw/X5DynrIZF_I/AAAAAAAABDU/gPU94hyKMbYaJtB2XGmTijiNR6hamqwAgCLcBGAsYHQ/s72-c/cuaca.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/10/la-nina-sudah-mulai-menuju-ke-wilayah.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/10/la-nina-sudah-mulai-menuju-ke-wilayah.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP CARI BERITA BOGOR SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin