Teroris yang Ditangkap di Bogor Adalah Petinggi Jamaah Islamiyah, Tugasnya Kumpulkan Uang untuk Kirim Anggota ke Suriah



Terduga teroris yang ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Mabes Polri adalah merupakan petinggi Jamaah Islamiyah, organisasi teroris di Asia Tenggara. Pelaku inisial AYM ditangkap di kawasan Mutiara Sentul, Kecamatan Nanggewer, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020) sekira pukul 08.05 WIB.

“Terduga pelaku atas nama AYM. Yang bersangkutan pernah menjabat sebagai Sekretaris III Aliansi Nasional Anti Syiah (Anas) Bogor Tahun 2015,” ucap Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono di Mabes Polri, Rabu (18/11/2020).

Awi melanjutkan, AYM juga menjabat sebagai kepala sub bidang Jamaah Islamiyah yang mengorganisir para pengusaha. Tugasnya mengumpulkan donasi dari pengusaha tersebut. Setelah uang terkumpul, digunakan untuk membiayai 80 anggota Jamaah Islamiyah latihan perang dan teknik militer di Suriah.

Polisi tercatat juga menangkap petinggi JI lainnya di Lebak, Banten, pekan lalu. Ahmad Zaini alias Ahyar alias Ahyas alias Epson (45) ditangkap pada Minggu (8/11/2020). Zaini merupakan Ketua Qoid Qodimah Jamaah Islamiyah.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah membubatkan Jemaah Islamiah, organisasi bentukan Abu Bakar Ba’asyir, pada 2007 silam. Namun, aktivitasnya masih berlangsung.

Beberapa waktu lalu, Polri menyatakan JI justru memodernisasi organisasi. Strategi baru yang disiapkan adalah penguatan penguasaan wilayah (tamkin). Pulau Jawa disasar sebagai daerah penguatan organisasi itu. Basis organisasi diperkuat ke arah ekonomi.

Sumber: Pojoksatu

0 Komentar