100 Lebih Personel Gabungan di Bogor Siap Operasi Lilin Lodaya - Bogor Channel

100 Lebih Personel Gabungan di Bogor Siap Operasi Lilin Lodaya

Bogor, 22 Desember 2020 – Menjelang Natal dan tahun baru, biasanya selalu diadakan operasi di jalan-jalan. Seperti halnya pada hari-hari raya lainnya, yang juga rutin diadakan operasi lalu lintas untuk para pengendara kendaraan bermotor. Operasi ini memang sengaja dilakukan, tujuannya adalah untuk mengamankan keadaan dan kondisi yang sedang dalam perayaan hari raya.

Operasi Lilin Lodaya Siap Dijalankan

Pada momen natal dan menjelang tahun baru ini, operasi yang akan dijalankan adalah operasi lilin lodaya. Operasi yang akan dilakukan di wilayah Bogor ini, cukup membuat semuanya sibuk. Lebih dari 100 anggota dan personel terlibat di dalamnya, Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa operasi ini bertujuan untuk mengamankan kondisi dari segala sesuatu yang dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berdasarkan dari instruksi Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz, bahwa operasi ini memang diutamakan untuk menjaga keamanan dari potensi gangguan ketertiban seperti misalnya terjadinya terorisme yang sebelumnya pernah terjadi. Kriminalitas bahkan kini juga menjadi pengamanan terhadap penyebaran covid 19 yang sedang mewabah menjadi luas.

100 Lebih Personel Ikut Bergabung

Diketahui, bahwa 100 personel berpartisipasi dalam operasi lilin lodaya ini, diantaranya adalah gabungan dari Satpol PP, TNI Polri, dan banyak lagi. 1067 personel yang ikut berkontribusi menjalankan operasi ini, 647 anggota Polresta kota Bogor salah satu di dalamnya. Serta 0606 unsur Kodim Kota Bogor, Denpom Kota Bogor,  Dishub, BPBD, dan beberapa pemangku lainnya.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Hendri Fiuser juga menjelaskan, bahwa personel-personel tersebut akan dibuat menyebar ke beberapa pos pengamanan (pospam) hingga objek vital lainnya di kota Bogor tersebut.  

Para personel tersebut sudah dipastikan akan berkerja sangat keras disaat-saat seperti ini, karena momen ini sangat berpotensi terjadinya banyak hal yang tidak bisa dianggap enteng. Ditambah lagi kondisi sekarang yang sedang tidak kondusif, dengan adanya masa pandemi ini. Tentunya tugas mereka bertambah banyak, dan harus ekstra hati-hati. 

Walaupun harus bersikap dan bertindak tegas, para aparat ini pun juga tetap menjaga rasa humanis terhadap masyarakat sebagai warga sipil. Karena, semua yang dilakukan oleh para petugas ini seyogyanya adalah untuk masyarakat juga. Ironis rasanya jika melakukan pengamanan untuk masyarakat, tapi justru masyarakat merasa tidak nyaman dengan kehadiran mereka yang agak mengganggu.

Pelaksanaan Operasi Saat Pandemi

Pada masa sebelumnya, mungkin tidak akan sulit melakukan operasi semacam ini yang memang sudah sering dilakukan. Namun, menjalankan operasi pada masa pandemi ini membuat agak terbatas dalam hal gerak. Karena, semuanya harus dilakukan sesuai protokol kesehatan.

Oleh karena itu, pelaksanaan operasi seperti ini selain sebagai upaya pengamanan kondisi dan situasi di sekitar pada saat momen besar juga sebagai pengamanan agar perayaan natal terutama tahun baru tidak membuat claster baru bagi penyebaran covid 19 ini. semuanya harus saling bekerja, baik dari masyarakat maupun satgas untuk sama-sama menjaga ketentraman sekitar dan diri sendiri dan tetap menjalankan pola hidup sehat.

Apapun kondisinya, semua harus dijalani sesuai dengan semestinya dan mengikuti peraturan yang ada. Agar semuanya bisa berjalan lancar, dan kondisi yang masih agak menkhawatirkan bisa kembali normal seperti dulu lagi. Oleh karena itu, selain para satgas yang akan menjalankan tugasnya dalam operasi lilin lodaya ini diharapkan masyarakat pun ikut mendukung terlaksananya operasi ini dengan baik dan  bisa bekerja sama dengan para satgas tersebut.

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda