Rumah Sakit Penyedia Rapid Test Antigen di Bogor - Bogor Channel

Rumah Sakit Penyedia Rapid Test Antigen di Bogor

Bogor, 24 Desember 2020 - Jumlah korban pandemi di Tanah Air kian hari kian melonjak. Bahkan di sebagian besar, khususnya kota-kota besar kini sudah berstatus zona hitam dan merah dalam waktu singkat. Selain karena masih banyak aktivitas yang dilakukan dan menyebabkan perkumpulan atau kelompok, masih banyak pula masyarakat yang tidak mau mematuhi protokol kesehatan. Rapid test antigen pun menjadi aturan baru bagi mereka yang memiliki rencana bepergian ke luar kota di akhir tahun.

Apa perbedaan tes rapid biasa atau antibodi dengan jenis antigen? Rapid test antibodi fokus dengan mengambil sample untuk membuktikan apakah ada antibodi dari virus corona yang terbentuk dalam tubuh kita atau tidak. Bentuknya ialah adanya protein Y yang merupakan respon terhadap paparan antigen.

Sementara rapid antigen merupakan pengambilan sample dengan menggunakan molekul untuk merangsang respon dari daya tahan atau sustem imun pada tubuh. Tanda masuknya virus covid-19 salah satunya muncul protein berjenis nukleokapsid. Rapid antigen bertugas untuk mendeteksi singkat apakah protein tersebut ada atau tidak.

Kewajiban Rapid Test Antigen Untuk Perjalanan ke Luar Kota

Rapid jenis antigen pun dinilai lebih cepat mendeteksi saat terjadinya infeksi yang diakibatkan tingginya jumlah virus dalam tubuh kita. Ini makanya tes satu ini dinilai lebih akurat, khususnya bagi mereka yang telah cukup lama terpapar virus. Namun tetap saja, tes yang paling akurat ialah jenis swab PCR.

Memasuki akhir tahun yang berarti memasuki pekan liburan, pemerintah memutuskan membuat peraturan baru berupa kewajiban menunjukan bukti tes rapid jenis antigen bagi masyarakat yang melakukan perjalanan, baik dari luar kota, mau pun pergi ke luar kota. Aturan ini diwajibkan bagi mereka yang berusia 12 tahun ke atas.

Tedapat 9 daerah yang diwajibkan menunjukan data atau dokumen rapid test antigen oleh pemerintah terdiri dari DKI Jakarta, Bali, Lampung, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Malang, dan Bangka Belitung.

Daftar Rumah Sakit Penyedia Tes Rapid Jenis Antigen di Bogor

Melakukan pengecekan virus covid-19 akan membantu memotong penyebaran virus itu sendiri. Dengan mengetahui lebih cepat apakah tubuh terpapar virus atau tidak, maka Anda bisa lebih sigap menjalani masa pengobatan, serta pemulihan. Termasuk melakukan isolasi mandiri. Untuk itu disarankan juga menjalani pengecekan rutin, khususnya bagi Anda yang masih banyak beraktivitas di luar rumah beserta orang-orang yang tinggal bersama dengan Anda seperti anggota keluarga di rumah.

Walau Bogor tidak menjadi daerah wajib, namun pemerintah setempat mewajibkan para pendatang dari luar kota untuk membawa dokumen hasil tes saat memasuki tempat wisata. Begitu juga bagi warga Bogor kekitarnya. Karena tempat-tempat wisata di Kota Hujan ini menerapkan peraturan tersebut bagi seluruh pengunjung.

Berikut daftar rumah sakit di daerah Bogor yang menyediakan layanan rapid test jenis antigen.

1. RSUD Kota Bogor

2. RS Siloam

3. RS Media Dramaga

4. RS PMI Bogor

5. RS Melania

6. RS Hermina Bogor

7. RSKIA Sawojajar

8. RS Mulia Padjajaran

9. RS Bhayangkara

10. RS Senior Bogor

11. RS BMC Mayapada

12. RS Azra

13. RS Salak

14. RS Vania

Anda bisa membuat jadwal lebih dulu dari beberapa hari sebelum melakukan rapid test antigen untuk menghindari antrean yang menumpuk. Selain itu jangan lupa tetap patuhi protokol saat mengunjungi tempat tes.

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda