3 Titik Kepadatan Jalur Puncak - Bogor Channel

3 Titik Kepadatan Jalur Puncak

Bogor, 04 Januari 2021 – Melewati liburan panjang tahun baru, arus balik liburan yang berasal dari arah Puncak Bogor, pastinya akan sangat terlihat.  Karena pada momen-momen seperti ini, yang membuat kawasan Puncak menjadi sangat padat dari biasanya walaupun dikatakan sedang menjalani PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar). Masyarakat tidak bisa meninggalkan kebiasaan untuk merayakan tahun baru dengan berwisata ke daerah ini.

Arus Balik Liburan  Puncak

Pada Minggu (03/01), tercatat tiga titik kepadatan kendaraan oleh Polres Bogor Polda Jawa Barat, di Jalur Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor selama arus balik liburan tahun baru 2021. Sejak liburan berakhir, arus balik liburan tahun baru sudah tampak karena volume kendaraan terpantau lebih ramai dari hari biasanya. Walaupun, keramaian ini tidak seperti keramaian pada tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini diungkapkan oleh Kanit Turjawali Polres Bogor Ipda Ardian Novianto saat ditemui di Simpang Gadog, Ciawi, Bogor.  Bahwa, terjadinya kepadatan pada arus balik memang memiliki 3 titik tempat kepadatan. Dimana 3 titik ini adalah tempat-tempat yang memang kondisinya sudah ramai dan padat sebelum datangnya para wisatawan dari luar kota ini. 

Kondisi seperti ini membuktikan, bahwa kawasan wisata Puncak Bogor ini memang masih selalu menjadi kawasan wisata primadona untuk merayakan kemeriahan akhir tahun menjelang tahun baru dimulai dari liburan Natal. Walaupun, kondisi sekarang sedang melewati masa pandemi Covid-19 seperti ini.

3 Titik Kepadatan Arus

Kanik menerangkan, tiga titik kepadatan kendaraan tersebut yaitu sepanjang 1 kilometer di Simpang Gadong sampai Pasir Angin, 1 kilometer di Simpang Megamendung sampai Cimory, dan 6 kilometer di Pasar Cisarua sampai Tugu Selatan. Titik-titik tersebut sudaah dapat dipastikan benar-benar mengalami kepadatan arus, setelah berakhirnya liburan panjang ini. 

Dan tiga titik kepadatan itu, telah diantisipasi dengan beberapa cara yang dilakukan oleh Polres Bogor. Karena, Polres Bogor akan memprioritaskan kendaraan yang melaju di jalur Puncak menuju ke Jakarta.

Polres Bogor memberitahukan 3 titik kepadatan, terutama bagi orang-orang yang sedang menuju ke Jakarta.. Titik kepadatan yang diketahui ini, berdasarkan hasil survey yang sudah dilakukan oleh Polres Bogor. Setelah itu, dibuat tempat-tempat yang bisa mengatasi kepadatan tersebut.

Solusi Mengatasi Kepadatan

Setelah mengetahui dimana saja titik kepadatan yang terjadi pada arusa balik di Puncak setelah liburan, maka harus ada solusinya untuk mengatasi kepadatan tersebut. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Polres Bogor akan memprioritaskan para wisatawan yang akan kembali ke Jakarta. Caranya adalah dengan memberikan pemberlakuan satu arah (one way) menuju bawah.  

Menjelang sore hari, Polres Bogor itu mulai melakukan perjalanan kendaraan satu arah tersebut, yang mengutamakan pengunjung arus balik tersebut.  Dengan cara melakukan penutupan pos pantau 1, yaitu jalan menuju ke atas serta dari Ciawi di Gadog ini.  

Jangka waktu dari pemberlakuan satu arah untuk mengatasi kepadatan, yaitu dari 1 jam hingga 2 jam berjalan. Setelah waktu tersebut, lalu lintas di kawasan Puncak akan dibuat normal kembali menjad dua arah.  Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, menjalani liburan panjang akhir tahun di daerah Puncak pastinya akan mengalami hal-hal seperti ini. 

Diharapkan kondisi ini, tidak menjadikan kondisi pandemi ini menjadi lebih membahayakan masyarakat. Oleh karena itu, Pemerintah berusaha untuk tidak menjadikan kepadatan ini berlangsung lama. Sehingga, Pemerintah daerah berusaha agar tidak terjadi kepadatan seperti ini. 

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda