Satpol PP Akan Tutup Total Kawasan Stadion Pakansari - Bogor Channel

Satpol PP Akan Tutup Total Kawasan Stadion Pakansari

Bogor, 18 Januari 2021 – Tindak lanjut dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  sejak beberapa waktu yang lalu masih terus dilakukan. Pasalnya, pada wilayah Kabupaten Bogor sendiri, kesaradan masyarakat masih kurang. Dengan demikian, masih banyak yang melanggar aturan PPKM dan menyebabkan kurang efektifnya kebijakan ini. 

Padahal, kebijakan ini sangat penting untuk menekan kasus positif Covid-19 yang terjadi pada semua lapisan masyarakat. Namun demikian, ada kemungkinan bahwa masyarakat memang harus meningkatkan kepekaannya terhadap aturan pemerintah pusat dan daerah. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada lonjakan yang terlalu signifikan pada kasus positif corona. 

Ya, kontribusi masyarakat yang ikut berpartisipasi dengan tetap di rumah dan berusaha menerapkan protokol kesehatan memang sangat penting. Apalagi dengan banyaknya kasus yang sudah dan masih terus bertambah. Bahkan, di Indonesia dan daerah Jabodetabek sendiri masih banyak peningkatan pasien dari waktu ke waktu yang menyebabkan tenaga medis sangat harus meningkatkan kinerja karena jumlah pasien terlalu banyak. 

Masih Banyak Orang Berkerumun

Siapa sangka, ternyata setelah kebijakan PPKM masih ada juga kerumunan masyarakat. Misalnya seperti yang terjadi di daerah Stadion Pakansari dan Tegar Beriman pada hari Minggu (17/01) kemarin. Ya, sebagian warga masih berkumpul di daerah tersebut dan tentu menyebabkan masalah yang cukup mengganggu. 

Masalah keresahan dan potensi penularan Covid-19 memang sangat besar untuk kegiatan berkumpul seperti yang terjadi kemarin. Hal ini bisa jadi karena warga memang terbiasa melakukan kegiatan santai seperti jogging dan jalan-jalan di akhir pekan. Lokasinya adalah pada sekitar lingkar Stadion Pakansari hingga kawasan Tegar Beriman.

Bahkan, sebagian orang juga mengunggah aktivitas hari libur tersebut di sosial media. Sebagian warganet memberikan pendapat negatif berupa komentar, tapi tak sedikit pula yang hanya menyimpan keresahan dan kekhawatiran mereka. Pada akhirnya, laporan masyarakat yang resah pun sampai kepada pihak berwajib. 

Tindak Lanjut Berupa Penutupan Kawasan Stadion Pakansari

Agar tak ditiru oleh lebih banyak masyarakat, maka Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor Agus Ridhallah melakukan tindak lanjut. Adapun tindak lanjut ini juga menggandeng tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. 

Tindak lanjut dari laporan tersebut adalah penutupan total area sekitar Stadion Pakansari. Hal ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menekan jumlah pasien positif Covid-19, terutama di daerah Bogor. 

Memang kondisinya cukup meresahkan karena bahkan sampai hari Sabtu (16/01) kemarin jumlah pasien positif Covid-19 mencapai 97 orang per hari. Dengan merujuk pada data di atas, maka keseluruhan dari kasus yang terjadi hanya di Kabupaten Bogor saja mencapai angka 6.559 orang. Tentunya jumlah ini cukup signifikan karena Bogor adalah daerah yang cukup banyak menjadi area perlintasan antar kota dan antar provinsi. 

Jadi, potensi untuk diakses orang dari seluruh daerah pun akan semakin besar dan nyata. Bagaimana jika kasis positif Covid-19 tidak dapat ditekan? Pastinya akan membuat banyak masalah seperti penyebaran ke tempat yang lebih luas di beberapa daerah yang menjadi tujuan atau asal para pekerja, mahasiswa, dan orang-orang lain. 

Secara lebih detail, kasus yang tercatat di Bogor adalah pasien meninggal dunia sebanyak 78 orang, pasien yang akhirnya sembuh 5.553 orang, dan juga sejauh ini ada pasien yang masih sakit 922 orang. Jumlah ini sebaiknya tidak bertambah, atau jangan sampai terlalu signifikan. Karena tentunya tim medis akan sangat mengalami masalah apabila kasusnya terus meningkat.  

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda