Kerjasama Bidang Pembangunan Kota antara Bogor dan Jepang - Bogor Channel

Kerjasama Bidang Pembangunan Kota antara Bogor dan Jepang


Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim berkesempatan menyambut Wakil Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia (RI), Tamura Masami di Royal Tulip Gunung Geulis Resort dan Golf.

Wakil Duta Besar Jepang untuk RI itu berkunjung ke Bogor bersama rombongan dari kedutaan dengan membawa penawaran kerja sama di bidang perkotaan.

Kedatangan mereka merupakan tindak lanjut dari pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga di Istana Bogor beberapa waktu lalu.

Dedie mengatakan, dalam pembahasannya, pihak kedutaan mengaku tertarik untuk melakukan pembahasan dan kerja sama dengan Kota Bogor. Mereka, kata Dedie, sangat konsen terhadap kemajuan dan perkembangan pembangunan di Kota Bogor.

"Mereka konsen ingin membantu tata kelola pembangunan di Kota Bogor. Salah satu yang ditawarkan adalah kerja sama di bidang perkotaan, yakni Sister City antara Kota Bogor (Indonesia) dengan Kota Karuizawa (Jepang)," ungkap Dedie.

Masih disampaikan Dedie, tawaran kerja sama Sister City antara Kota Karuizawa dengan Kota Bogor bukan tanpa alasan. Menurut pengakuan mereka, terdapat banyak kemiripan antara kedua daerah tersebut.

"Kemiripan itu seperti letak geografis yang berada dekat dengan pegunungan, memiliki udara yang cukup sejuk, kontur jalan yang menanjak, menurun dan berkelok dan merupakan daerah tujuan wisata," ucapnya.

Jika kerja sama Sister City ini terjalin, Dedie berharap pihak Jepang bisa ikut berkontribusi dalam menata pembangunan di wilayah Kota Bogor kedepannya.

Dari informasi yang dihimpun, Karuizawa adalah salah satu kota yang berada di distrik Kitasaku, Wilayah Timur Prefektur Nagano. Musim panas di Karuizawa cukup sejuk dan nyaman sehingga tempat ini menjadi destinasi para wisatawan sebagai tempat liburan.

Wilayah Karuizawa sendiri berada di ketinggian 800-1000 meter dari atas permukaan laut yang memberikan hawa sejuk sepanjang tahun, persis seperti di kawasan Puncak, Bogor, Indonesia.

Sumber: Ayobogor

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda