Bupati Minta BBWS Benahi Sungai Cikeas - Bogor Channel

Bupati Minta BBWS Benahi Sungai Cikeas

Bogor, 15 Februari 2021 – Di musim penghujan seperti ini, menjadikan beberapa tempat yang tinggi dan dalam sering mengalami kebanjiran. Beberapa sungai juga jadi meluap karena air hujan yang sangat besar, sehingga tampungan air pada sungai pun tak terbendung. Salah satunya adalah sungai cikeas, merupakan sungai yang terletak di daerah Bogo yang juga dikenal sering meluap akibat hujan.   

BBWS Benahi Sungai Cikeas

Bupati Bogor, Ade Yasin mencoba  untuk menyusuri sungai Cikeas. Sungai ini memang sangat dikenal cepat meluap dan banjir saat hujan deras. Bahkan, dengan meluapnya sungai Cikeas  sering terjadi banjir yang merendam seluruh desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor.

Pada akhirnya, Bupati meminta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) membenahi dan membereskan permasalahan dari sungai Cikeas ini. agar kedepannya. Hal-hal seperti ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Perlu penanganan khusus. Karena, luapan air dari sungai Cikeas ini yang menjadikan perumahan Villa Nusa Indah 1 dan 2 banjir dan menggenang ketika hujan derah di daerah Bogor.

Pendangkalan Sungai Cikeas

Untuk membenahi sungai CIkeas, Ade bersama timnya akan melakukan pendangkalan. Ade mengatakan bahwa sungai Cikeas akan diadakan pendangkalan, karena agar masalah banjir tadi teratasi haruslah melakukan sesuatu yang inovatif. Saat pendangkalan, sungai akan dikeruk melalui persetujuan dan perizinan dari BBWS. Karena, melakukan semua kegiatan ini pada dasarnya merupakan kewenangan BBWS.

Dalam melakukan pendangkalan dan pengerukan sungai, kegiatan ini akan dilakukan bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Dinas Lingkungan Hidup (LDH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kegiatannya juga termasuk membersihkan semua sampah yang ada dalam daerah aliran sungai (DAS). Sudah seharusnya keadaan dan kondisi sebuah sungai bersih dan terjaga, karena jika tidak itulah awal mula terjadinya banjir.

Kali ini, pemerintah kabupaten Bogor tidak mau lagi mengalami kesalahan karena perbuatan warganya sendiri yang ceroboh. Dengan cara melakukan serangkaian kegiatan bermanfaat terhadap sungai dan alam.

Kegiatan Mengatasi Banjir

Daerah yang berada di perbatasan wilayah perbatasan antara Kabupaten Bogor dengan  Kota Bekasi ini memang rawan banjir dan harus segera ditangani. Salah satu solusi mengatasi banjir tersebut, memang melakukan kegiatan yang diusulkan oleh Ade Yasin tersebut. Kegiatannya antara lain seperti dengan memasang 19 unit pompa banjir, tujuannya untuk menyerap air ketika banjir datang. Dijamin jika ada pompa tersebut, tidak pernah terjadi air yang tinggi.

Selain itu, Pemkab Bogor juga sedang melakukan pengajuan penambahan jumlah pompa banjir. Semua itu tujuannya pastinya adalah mengatsi banjiri ini, apalagi jika hal tersebut dibutuhkan masyarakat. Penambahan pompa banjir juga harus melihat hasil mitigas bencana BPBD. Melakukan kegiatan seperti ini pada dasarnya hanya melakukan sebagian kecil.dari mengatasi banjir. 

Adapun terdapat beberapa cara lain, dimana hal tesebut merupakan solusi jangka panjang untuk mengatasi banjir ini. Yaitu, dengan membenahi sebenar-benarnya DAS tersebut. Terlebih lagi, masih banyak orang-orang yang kurang kesadaran diri dengan menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Karena hal tersebut sudah sering terjadi, maka itu diadakan kegiatan pendangkalan. Semoga dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat semua sadar untuk menjaga kebersihan sungai.

Ade pun sangat yakin, dengan dilakukannya pendangkalan terhadap sungai Cikeas ini bisa membuat kondisi sungai Cikeas ini menjadi lebih baik dan masalah banjir bisa teratasi dengan baik. Semua itu adalah kerja sama antara pemerintah dengan masyarakatnya juga.

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda