Tiga Strategi Dinkes Kota Bogor Selesaikan Vaksinasi Tahap Dua Sebelum Ramadhan - Bogor Channel

Tiga Strategi Dinkes Kota Bogor Selesaikan Vaksinasi Tahap Dua Sebelum Ramadhan

Dalam menyelesaikan vaksinasi tahap dua sebelum ramadhan, Dinas Kesehatan Kota Bogor menggunakan tiga strategi vaksinasi. Hal ini lantaran Pemerintah Kota Bogor menargetkan bahwa vaksinasi Covid-19 tahap kedua harus selesai selama satu bulan ke depan (2/3/2021). Tepatnya sebelum ramadhan tiba. Melalui tiga strategi tersebut, Dinas Kesehatan Kota Bogor berupaya agar proses vaksinasi Covid-19 tahap dua bisa selesai sesuai target yang ada. 

Alokasi 9.160 Vaksin Tahap Pertama di Kota Bogor

Sebelumnya, pada vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang diselenggarakan di Kota Bogor, terdapat pengalokasian 9.160 vaksin. Yang mana dari jumlah vaksin tersebut ditujukan untuk tenaga kesehatan serta pelayan kesehatan. Dari seluruh vaksin yang dialokasikan pada tahap pertama, semua telah selesai dilakukan. 

Sementara untuk vaksinasi tahap kedua hingga saat ini masih terus dilakukan. Dengan tujuan, sebagai penanganan atas Covid-19. Akan tetapi, alangkah baiknya untuk bersama memukul mundur Covid-19. Dalam artian, jangan sampai menunggu divaksin, tetapi sebaiknya bersama-sama melindungi diri untuk menghindari Covid-19. Hal sedemikian dapat mengefektivitaskan program vaksinasi. 

Untuk mewujudkannya, diperlukan komitmen bersama untuk memukul mundur Covid-19 dari Indonesia. Pasalnya, sebagaimana diketahui bersama, proses penularan virus ini bisa terjadi secara cepat dan mudah. Akibatnya, jika tidak ada komitmen bersama, seolah masih belum mampu memeranginya. Jadi, yuk mulai untuk menerapkan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan. 

Vaksinasi Tahap Kedua Diperkirakan Selesai Bulan Maret dan April 2021

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, vaksinasi tahap pertama Kota Bogor telah diselenggarakan. Untuk vaksinasi Covid-19 tahap kedua, diperkirakan akan selesai pada bulan Maret dan April 2021 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Sri Nowo Retno sebagai Kepala Dinas Kesehatan atau Dinkes Kota Bogor. 

Kepala Dinkes Kota Bogor tersebut mengatakan apabila sesuai perhitungan, vaksinasi tahap kedua akan ditargetkan selesai satu bulan ke depan. Adapun jumlah vaksin yang diterima oleh Pemerintah Kota Bogor untuk tahap kedua ini adalah 7.730 vial. Dengan sasaran pelayanan publik berisi 69.570 dosis vaksin Covid-19 Bio Farma. 

Akan tetapi, mengingat apabila pada tanggal 12 April 2021 telah memasuki bulan ramadhan, Sri Nowo Retno menjelaskan apabila akan dilakukan optimalisasi terhadap proses vaksinasi. Dengan tujuan, untuk mempercepat agar bisa selesai sebelum ramadhan tiba. Ia pun menuturkan jika ditargetkan vaksin akan selesai disuntik pada 30 hari mendatang. 

Lebih lanjut, supaya target selesainya vaksinasi tahap kedua Kota Bogor selama 30 hari tersebut dapat terealisasi, maka dibutuhkan strategi percepatan vaksinasi. Dalam hal ini, Dinkes Kota Bogor menggunakan tiga strategi vaksinasi. 

Tiga Strategi Vaksinasi Dinkes Kota Bogor 

Tiga strategi vaksinasi yang diimplementasikan oleh DInkes Kota Bogor, antara lain berupa vaksinasi massal, vaksinasi dengan berbasis fasilitas kesehatan, serta vaksinasi dengan memanfaatkan mobile vaksinasi. 

Sri Nowo Retno juga menjelaskan, apabila nantinya Dinkes Kota Bogor pun melakukan on the spot. Melalui tiga strategi yang telah diuraikan sebelumnya, diharapkan percepatan proses vaksinasi tahap kedua bisa terlaksana dan selesai sesuai target. 

Untuk vaksinasi massal pada Kota Bogor, Dinkes menyiapkan beberapa titik. Antara lain, Gedung Puri Begawan dengan target kapasitas berjumlah 1.500 orang untuk per harinya. Kemudian, Pemkot Bogor pun menyiapkan fasilitas vaksinasi di wiliyahan IPB International Convention Center atau IICC. Terdapat pula di SMPN 5 Bogor, serta berbagai titik lainnya. 

Sementara itu, untuk sasaran anggota kepolisian, rencananya akan dilakukan di Aula Polresta Kota Bogor dengan bekerjasama antara Dinkes Kota Bogor dengan Rumah Sakit Bhayangkara. Untuk TNI, jumlah sasarannya sekitar 2.108 yang rencananya Dinkes Kota Bogor akan bekerjasama dengan Rumah Sakit Salak.

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda