4.196 Orang Berebut Jadi Pegawai Pemkot Bogor


Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bogor mencatat ada sebanyak 4.196 pelamar yang mendaftarkan diri jadi pegawai di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor saat ini.

Jumlah ini masih bisa bertambah lantaran pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 baru ditutup Senin (26/7) besok.


Kepala BKPSDM Kota Bogor, Taufik mengatakan, proses pendaftaran CPNS dan Calon PPPK tahun 2021 segera berakhir pada Senin nanti.

Penutupan tersebut, kata dia, lebih lama karena ada penyesuaian jadwal tahapan pelaksanaan seleksi Calon ASN yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan nomor: N6201/B-KS.04/01/SD/K/2021.

Dalam surat tersebut, memberikan kesempatan yang lebih luas pada masyarakat untuk mengikuti seleksi menjadi ASN.

“Seharusnya pendaftaran di mulai 30 Juni sampai dengan 21 Juli, karena diperpanjang berakhir pada 26 Juli besok,” kata Taufik, Minggu (25/7)

Dengan adanya penyesuaian tersebut, sambung dia, pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 2-3 Agustus, dengan kesempatan masa sanggah diberikan selama tiga hari yakni 4-6 Agustus.

Taufik menuturkan, tahapan jawab sanggah diumumkan pada 4-13 Agustus dilanjutkan dengan pengumuman paska sanggah yang akan dilakukan pada 15 Agustus 2021.

Sedangkan untuk PPPK guru akan disampaikan langsung oleh Kemendikbudristek pada Agustus sampai Desember.

“Pemkot Bogor juga mengeluarkan pengumuman melalui suret wali kota dengan nomor: 800/3602 – BKPSDM/2021 tentang perpanjangan masa pendaftaran dan penyesuaian jadwal,” ucapnya.

Menurutnya, Pemkot Bogor mendapat jatah formasi dari total 600 formasi yang diusulkan, namun pemerintah hanya menyetujui jatah kuota 591 formasi untuk Kota Bogor. Rincianya, terbagi atas 257 formasi untuk CPNS dan 334 untuk PPPK.

“Untuk CPNS kebutuhan untuk tenaga kesehatan sebanyak 211 orang dan tenaga teknis sebanyak 46 orang,” kata Taufik.

Mulai dari dokter, perawat hingga bidan, yang akan ditempatkan di berbagai puskesmas se-Kota Bogor sampai di RSUD Kota Bogor.
Dari total CPNS yang tersedia, sambung dia, ada alokasi lima formasi untuk peserta difabel dan tiga formasi untuk peserta Cum Laude.

Sedangkan untuk PPPK, sambung dia, seluruhnya untuk formasi Tenaga Pendidik yang berjumlah 334 formasi. Mulai dari guru kelas, guru agama Islam, guru Pendidikan Jasmani (Penjas), guru konseling hingga guru TIK, yang akan ditempatkan di berbagai sekolah tingkat SD dan SMP.

“Setiap informasi yang terkait dengan CPNS di lingkungan Pemkot Bogor dapat mengakses situs https:cpns.kotabogor.go.id,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Formasi Data dan Penatusahaan BKPSDM Kota Bogor, Aries Hendardi mengatakan, jumlah yang mendaftar di Kota Bogor mencapai 4.196 CPNS pada Sabtu (25/7).

Dengan kesempatan pendaftaran yang masih tersedia hingga esok, maka jumlah tersebut bisa bertambah. “Masih ada kesempatan karena menyisakan satu hari lagi untuk mendaftar,” kata Aries.

Rencananya, kata dia, seleksi akan dilaksanakan sesuai waktu rencana tertera di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, bersamaan dengan tes Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

“Rencana tes di Gedung Tegar Beriman bersama sama Kabupaten Bogor titik lokasinya,” ucapnya.

Aries menambahkan, berapa persyaratan yang harus diperhatikan yakni usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar, dikecualikan bagi pelamar untuk jabatan dan kualifikasi pendidikan dokter dan dokter gigi dengan kualifikasi pendidikan dokter spesialis.

Serta, dokter gigi spesialis dapat melamar dengan batas usia paling tinggi 40 tahun pada saat melamar. “Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan,” tandasnya.

Untuk diketahui, masyarakat yang belum mendaftar masih ada waktu untuk bisa mengikuti seleksi seleksi CPNS dan PPPK tahun ini.

Pendaftaran masih dibuka melalui portal resmi yakni https://sscasn.bkn.go.id/ yang telah disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Melalui portal ini pendaftar juga bisa melihat daftar instansi yang membuka lowongan.

Sumber: Metropolitan.id

0 Komentar