Banjir Bandang di Cigudeg Bogor, 40 Keluarga Mengungsi


Sebanyak 40 keluarga mengungsi akibat banjir bandang yang merendam Cigudeg, Bogor, Jawa Barat. Banjir bandang itu terjadi setelah tanggul yang menahan air tersebut jebol.

"Itu di Kampung Kedawung, ketinggian airnya sekitar 1,5 meter. Ada 40 keluarga harus mengungsi sementara di rumah saudaranya dan di Aula Pondok Pesantren Al Basyariah. Ada enam keluarga yang di dalamnya terdapat anak dan balita," ungkap Camat Cigudeg, Pardi di Bogor, Selasa (10/8/2021).

Hujan yang sangat lebat mengakibatkan Sungai Cidangder meluap sehingga membuat tanggul jebol lantaran tidak kuat menahan kencangnya arus air.

Banjir bandang tersebut terjadi di Desa Rengasjajar pukul 18.00 WIB, Senin, 9 Agustus 2021.

Pardi mengatakan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan tim penolong Dinas Pemadam Kebakaran Disdamkar Kabupaten Bogor, untuk meninjau lokasi.

"Banjir mah mulai masuk ke permukiman sekitar setengah sembilan malam dan surut sekitar jam 11 malam. Kan tanggul ini dibangun darurat karena Mei lalu pernah jebol juga," kata Pardi seperti dikutip dari Antara.

Pada waktu yang bersamaan, longsor terjadi di desa lainnya Kecamatan Cigudeg, yakni Desa Tegalega. Sekitar pukul 22.00 WIB, longsor menimpa rumah miliki Mahpudi (45) di RT 1/7 hingga rusak berat.

"Akses jalan Kampung Rahong Hilir menuju Kampung Pabuaran tertutup material longsor sehingga tidak bisa dilalui. Sementara penghuni rumah yang tertimpa longsor, mengungsi ke rumah saudaranya," kata Pardi.

Dua Kali Diterjang Banjir Bandang

Seperti diketahui, di dua desa tersebut juga pernah diterjang banjir bandang serupa pada Mei 2021 lalu. Saat itu, Bupati Bogor Ade Yasin mencatat ada 473 keluarga terdampak banjir bandang di tiga desa Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, yakni, Rengasjajar, Tegalega dan Batujajar.

"Data dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) sebanyak 473 keluarga terdiri dari 1.898 jiwa terdampak banjir bandang ini," ungkapnya saat meninjau lokasi banjir di Desa Rengasjajar, Cigudeg, Bogor, Rabu, 19 Mei 2021.

Sumber: Liputan6

0 Komentar