Mulai Besok, Jalan Soleh Iskandar Bogor Ditutup untuk Kendaraan Roda Empat


Jalan amblas yang berada di Jalan Soleh Iskandar tepatnya di underpass Tol BORR, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor akan ditutup untuk kendaraan roda empat atau lebih. Penutupan jalan itu rencananya dimulai pada Selasa 2 November 2021.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan bahwa penurunan jalan di lokasi sangat cepat. Untuk perbaikan sedianya baru bisa dilakukan awal 2022.

"Penurunanya cepat sekali, harus ada tindakan cepat sudah direncanakan untuk pengerjaan tapi harus proses lelang, lelang akan segera dimulai nanti awal tahun depan target mulai dikerjakan. Semuanya dari KemenPUPR," kata Bima di lokasi, Senin (1/11/2021).

Untuk penanganan sementara, akan dilakukan penutupan jalan oleh Satlantas Polresta Bogor Kota mulai besok bagi kendaraan roda empat atau lebih. Sedangkan, roda dua masih diperbolehkan melintas.

"Mulai besok Insya Allah kepolisian akan menutup jalan ini tidak boleh dilewati roda empat tapi motor boleh di pinggirnya saja. Jadi mobil tidak boleh (melintas) karena mengantisipasi terjadinya longsor apalagi sekarang intensitas curah hujan sedang sangat tinggi jadi kita perlu antisiapsi," kata Bima.

Di sisi lain, Bima menyebut amblasnya ruas jalan nasional itu bisa disebabkan beberapa faktor. Bisa dari usia atau faktor cuaca yang mempengaruhi jalan.

"Jadi kepada warga Bogor pengguna Jalan Soleh Iskandar ini untuk mengantisipasi akan kita tutup hanya untuk roda dua saja, untuk pengerjaannya Insya Allah tahun depan antara Februari-Maret setelah lelang selesai semua. Tapi desain dan perencanaan sudah ada semua. (Faktor) ya ini kan sudah lama, dibangun tahun 2005 sudah 15 tahun lebih mungkin juga faktor cuaca dan lain-lain," tuturnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Bogor Kota AKP Galih Apria mengatakan bahwa jalan ini termasuk sangat padat dilalui kendaraan. Karena itu, jalan ini hanya boleh dilintasi kendaraan roda dua.

"Jalan ini termasuk jalan nasional yang volume kendaraan cukup besar. Saya dapat info pengerjaan ini akan dmulai Januari jadi sementara rekayasa yang bisa melewaati jalam ini hanya roda dua," ucap Galih.

Penutupan ini sedianya dimulai besok hingga pengerjaan perbaikan jalan mulai dilakukan. Setelahnya, akan ada penutupan jalan secara total sampai perbaikan selesai dengan estimsi 6 bulan.

"Nanti begitu bulan Januari dimulai akan ditutup total, sehingga hrapannya masyarakat ke arah Cilebut ini nanti kita akan buatkan u turn baru. Sehingga memutar, dan belokan di kereta ini akan dilurskan sehingga nanti jalan tersebut yang masuk ke Cilebut 2 yang satu lagi akan mengarah ke utara. Memang pasti ada penumpukan nanti, tapi personel kita akan ditempatkan di situ untuk pengaturan," tuturnya.

Sumber: iNews

0 Komentar