Tugu Pancakarsa, Icon Baru Kabupaten Bogor


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor meresmikan Tugu Pancakarsa sebagai salah satu icon atau simbol Kabupaten Bogor.

Tugu Pancakarsa yang berlokasi tepat di pintu masuk Sirkuit Sentul tersebut, diresmikan secara langsung oleh Bupati Bogor Ade Yasin, pada Senin (27/12/2021) malam.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengungkapkan, malam ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu karena Desember ini sesuai yang direncanakan tugu ini sudah selesai dan terlaksana dengan baik. Meskipun harus banyak melewati dan menghadapi halangan, rintangan dalam proses pembangunannya.

"Kita ubah dan hari ini kita lihat tugu ini sebagai simbol dari visi misi kami, saya dengan Pak Iwan Setiawan dan seluruh masyarakat Kabupaten Bogor yaitu Pancakarsa. Kenapa harus jadi simbol, karena panca itu artinya adalah mengandung lima keinginan atau lima tekad yaitu Pancakarsa. Dalam lima keinginan atau lima tekad, kita ingin Kabupaten Bogor ini sehat, cerdas, maju, membangun dan berkeadaban," jelas Ase Yasin.

Bupati Bogor juga berpesan kepada masyarakat bahwa Tugu Pancakarsa belum bisa dipergunakan karena sesuai aturan dari tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 harus menghindari kerumunan atau kegiatan yang menimbulkan kerumunan, seperti bakar petasan, arak-arakan, pesta terompet dan lainnya.

Tambah Ade Yasin menyatakan, akan ada tim park ranger yang akan mengawasi kawasan Tugu Pancakarsa 24 jam dibagi dalam tiga shif, yang terdiri dari Satpol PP, Dishub, DLH dan DPKPP. Tidak hanya menjaga Tugu Pancakarsa agar tertib dan indah tetapi juga menjaga pedestrian Sentul dan Kandang Roda yang sudah selesai dibangun.

Bupati Bogor juga menegaskan akan terus membenahi pembangunan Kabupaten Bogor tidak hanya di kota tetapi desa pun sudah bisa membangun dengan bantuan keuangan yang sudah diberikan yaitu Samisade.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rohmat Jatnika mengatakan, secara umum pembangunan Tugu Pancakarsa membutuhkan waktu yang cukup panjang selama tiga tahun.

Di mana proses pembangunan Tugu Pancakarsa tersebut dilakukan Pemkab Bogor sejak 2019 silam, dengan membebaskan lahan seluas kurang lebih 3.500 meter persegi yang berada tepat di pintu masuk utama Sirkuit Sentul Kabupaten Bogor.

"2019 pembebasan lahan, 2020 mulai pembangunan konstruksi, dilanjutkan 2021 finalisasi pembangunan dan hari ini Alhamdulillah Tugu Pancakarsa sudah diresmikan secara langsung oleh Bupati Bogor," katanya.

Tak hanya meresmikan Tugu Pancakarsa, pada kesempatan tersebut Bupati Bogor Ade Yasin juga meresmikan secara simbolis enam taman yang dibangun Pemkab Bogor pada tahun ini.

Enam taman tersebut yaitu Taman Perubahan di Kecamatan Bojonggede, Taman Tematik di Kecamatan Jasinga, Alun-alun Kecamatan Leuwiliang, Taman Tematik di Kecamatan Klapanunggal, Alun-alun Kecamatan Cariu, dan Taman Tugu Pancakarsa.

"Jadi tidak hanya meresmikan Tugu Pancakarsa saja, di sini juga kami juga meresmikan secara simbolis enam taman yang kami bangun dengan menggunakan anggaran 2021," ungkap Ade Yasin.

Meski enam taman tersebut sudah diresmikan, sambung Ade Yasin, namun keenamnya belum boleh dibuka untuk umum selama libur Natal dan Tahun Baru. Sesuai aturan PPKM yang berlaku sejak 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Sekadar diketahui, selain membangun sejumlah taman dan alun-alun tersebut, pada 2021 ini juga Pemkab Bogor menggelontorkan dana sebesar Rp356,5 miliar untuk program mempercantik wajah ibu kota atau City Beautification Project.

Program City Beautification Project tersebut meliputi pembangunan Tugu Pancakarsa, pedestrian, peningkatan kualitas jalan, hingga pengadaan tempat sampah di Kawasan Cibinong Raya.

Penggunaan anggaran tersebut tersebar di empat perangkat daerah, yaitu Rp328 miliar pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bogor, Rp21 miliar pada DPKPP, Rp437 juta pada Dinas Lingkungan Hidup, dan Rp7,3 miliar pada Dinas Perhubungan.

Sumber: BeritaSatu.com

0 Komentar