Perjuangan Pedagang Kecil di Bogor yang Rela Berburu Minyak Goreng Curah hingga ke Depok


Sri (45), seorang pedagang warung sederhana di daerah Cibinong, Bogor, Jawa Barat, rela berkelana jauh hingga ke Depok demi mendapatkan minyak goreng curah dengan harga murah.

"Saya nyari keliling wilayah akhirnya dapat (di Depok), yaudah putuskan belinya di sini," kata Sri saat ditemui, Selasa (29/3/2022).

Wanita tersebut mengembara hingga 15 kilometer dan mendapati toko Agen Sembako Bumiayu di Jalan Kebahagiaan Raya, Sukmajaya, Depok, yang menjual minyak goreng curah dengan harga terjangkau.

Meski begitu, Sri hanya bisa mendapat lima liter minyak goreng curah yang dijatahkan oleh agen tersebut untuk masing-masing pembeli. Calon pembeli pun harus antre untuk bisa mendapatkan minyak goreng di sana.

"Ngantre setiap hari bergilir, dijatahkan lima liter hingga satu jerigen," ujarnya.

Sri sendiri sudah lima kali mengunjungi agen tersebut yang menjual minyak goreng curah sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah, yakni Rp 14.000 per liter.

"Perliter Rp 14.000 sesuai harga subsidi. Hari ini dapat lima liter. Kadang saya dapat yang ukuran jeriken besa, kadang yang kecil".

Harga minyak goreng curah yang terbilang murah, membuat masyarakat berbondong-bondong untuk mendapatkan minyak jenis tersebut.

Pantauan Kompas.com di toko Agen Sembako Bumiayu, pada Selasa (29/3/2022) sekitar pukul 16.20 WIB, antrean warga yang didominasi ibu-ibu mengular di depan kios.

Mereka antre sambil membawa jeriken untuk mendapatkan minyak goreng curah.

Warga tertib dalam mengantre dan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker.

Sumber: Kompas

0 Komentar