Pemkot Bogor Gelar Shalat Gaib untuk Eril, Wakil Wali Kota Sampaikan Duka Mendalam


Wakil Wali Kota BogorDedie Rachimmenyampaikan rasa dukacita mendalam kepada keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Ridwan Kamil, belum ditemukan sejak dilaporkan hilang terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis (26/5/2022).

Dedie mengungkapkan, meski Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat telah mengeluarkan surat edaran tentang shalat gaib, namun harapan untuk keselamatan Eril masih tersirat.

"Teriring doa, mudah-mudahan kita berharap Eril dapat ditemukan dalam keadaan sehat dan selamat. Doa tadi kita tujukan dalam rangka menyampaikan rasa simpati dan keprihatinan atas situasi yang terjadi," kata Dedie, Jumat (3/6/2022).

Dedie mengatakan, Pemkot Bogor telah merespons surat edaran MUI dengan menggelar shalat gaib untuk Eril.

Shalat gaib digelar di Masjid At-Taqwa, Balai Kota Bogor. Selain Dedie, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan sejumlah pegawai pemkot serta warga ikut melaksanakan shalat gaib

"Shalat gaib ini sebagai bentuk rasa prihatin kepada Kang Emil," tuturnya.

MUI Jawa Barat mengeluarkan surat edaran tertanggal 2 Juni 2022 terkait musibah yang dialami Eril.

Dalam surat edaran juga disebutkan bahwa MUI Jawa Barat turut merasakan kesedihan yang mendalam seraya mendoakan Ridwan Kamil beserta keluarga tetap diberi kekuatan dan ketabahan.

Sementara, melalui unggahan di Instagram @muiprovjabar, Kamis (2/6/2022), masyarakat diimbau untuk melaksanakan shalat gaib untuk Eril.

"Majelis Ulama Indonesia Prov. Jawa Barat mengeluarkan Surat Seruan Pelaksanaan Shalat Gaib untuk ananda Emmeril Khan Mumtadz (Putra Gubernur Jabar) pada hari Jumat 3 Juni 2022 sebelum atau sesudah Shalat Jumat," demikian keterangan yang tercantum dalam unggahan itu.

Seruan ini dikeluarkan setelah MUI Jawa Barat melakukan pertemuan dan diskusi dengan pihak keluarga Ridwan Kamil. Pertemuan dilakukan di Kantor MUI Provinsi Jawa Barat, Kamis (2/6/2022) pukul 19.00-19.30 WIB.

Diberitakan, keluarga Ridwan Kamil meyakini Eril meninggal dunia karena tenggelam. Hal ini disampaikan oleh kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, saat konferensi pers, Jumat (3/6/2022).

"Oleh karena itu, Kang Emil dan Teh Lia sudah menyampaikan, mereka ikhlas dan meyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) sudah wafat, berpulang ke rahmatullah karena tenggelam," ujar Erwin saat konferensi pers.

Keyakinan ini berdasarkan evaluasi seluruh proses yang telah dilakukan, termasuk upaya otoritas setempat dalam melakukan pencarian secara spesifik.

Sumber: Kompas

0 Komentar