Diduga Imbas Pembangunan Hotel, Tiga Perumahan di Bogor Kebanjiran


Tiga perumahan di Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, kebanjiran sejak Senin (15/8) malam hingga Selasa (16/8) siang. Salah satu penyebabnya diduga karena pembangunan hotel di sekitar perumahan.

Wakil Ketua RT 05 RW 09 Perumahan Mutiara Hijau Residence, Ali mengakui bahwa sejak ada pembangunan hotel, banjir kerap menjadi momok warga setiap datang musim penghujan.

"Pokoknya sejak ada pembangunan hotel itu yang ada di dekat pintu masuk perumahan, sudah enam kali kejadian. Saya tinggal di sini sudah 12 tahun. Sebelumnya enggak pernah banjir. Bulan ini saja sudah tiga kali banjir," kata Ali, Selasa (16/8).

Ali berharap, Pemerintah Kabupaten Bogor mengambil langkah konkret untuk menanggulangi masalah warga ini. "Kami mohon pejabat pada turun lihat kondisinya. Harapannya sudah tidak banjir lagi. Kami kan beli rumah di sini tidak murah," kata dia.

Sementara Camat Cibinong, Rusliandy mengungkapkan banjir terjadi karena ada penyumbatan pada gorong-gorong tepat di samping pembangunan hotel. Saat ini, penyumbatan tersebut sedang ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Jadi ada gorong-gorong tersumbat. Ada sampah sama ada juga dari material pembangunan hotel itu. Ini sedang dibersihkan. Karena kondisi sudah mendung lagi dikhawatirkan banjir menjadi berkepanjangan," kata Rusliandy.

Diketahui, banjir setinggi lutut orang dewasa itu menggenangi perumahan Nirwana Golden Park, Mutiawa Hijau Residence dan Grand Cibinong.

Sumber: Merdeka

0 Komentar