Resmikan Rumah Anggrek di Kebun Raya Bogor, Megawati Nostalgia Masa Kecil


Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri meresmikan Rumah Kaca Anggrek Sudjana Kassan di Kebun Raya Bogor (KRB), Bogor, Jawa Barat (Jabar). Peresmian dilakukan di momentum ulang tahun ke-206 Kebun Raya Bogor.

"Jadi tentunya saya mau mengucapkan ultah ke-206 untuk Kebun Raya Bogor yang saya cintai ini dan selalu terpelihara," kata Megawati, yang juga menjabat Ketua Dewan Pengaran Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam sambutannya di Kebun Raya Bogor, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/5/2023).

"Orang asing saja kalau ke sini selalu bilang, 'beautiful, beautiful botanical garden, do you have another botanical garden?'. Yes, yes many, gitu. Padahal waktu itu baru 5 (kebun raya), nah sekarang saya bangga sudah 51 (kebun raya). Jadi omongan saya nggak bohong sama orang asing," sambungnya.

Dalam sambutannya, Megawati juga sempat mengenang masa kecilnya ketika tinggal di Istana bersama sang ayah, Presiden ke-1 RI Sukarno."'Nostalgila' sedikit. Saya kan anak presiden, suka tidur di Istana, liburan bersepeda keliling kebun raya, mancing di Kali Ciliwung lalu cari udang di sungai," kata Megawati.

"Itu 'nostalgila' saya. Itu kenapa kemudian saya bikin Yayasan Kebun Raya Indonesia," sambungnya.

Megawati meminta pegawai di Kebun Raya Bogor harus benar-benar mencintai lingkungan dan keanekaragaman hayati, terutama yang ada di Kebun Raya Bogor.

"Jangan bekerja di Kebun Raya bila tidak siap untuk mengabdi," kata Megawati.

Di tempat yang sama, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kebun Raya Bogor yang telah melakukan berbagai aktivitas konservasi tumbuhan dan lainnya.

"Hari ini menghadirkan Ibu Mega untuk bisa meresmikan secara langsung, rumah anggrek yang dibangun PUPR. Kita ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada teman-teman Kebun Raya Bogor, yang sudah cukup lama melakukan aktivitas konservasi, reservasi, dan pemanfaatan berbagai tumbuhan spesies asli Indonesia. Khususnya di dataran rendah basah," tutur Handoko.

Rumah Kaca Anggrek merupakan sarana riset dan wisata edukasi berisi beragam jenis tanaman anggrek dari pelosok negeri. Rumah anggrek dibangun Kementerian PUPR sejak 2019 hingga 2021.

Penataan bangunan kawasan taman anggrek meliputi rumah kaca induk seluas 6.813 meter persegi, laboratorium kultur jaringan 1.560 meter persegi dan penghubung ruang anggrek 265,8 meter persegi dan display 345,6 meter persegi dan area service pada tahun anggaran 2021 totalnya melebihi Rp 38 miliar.

Sumber: detiknews

0 Komentar