Jalan Bogor-Sukabumi Ditutup Selama 8 Hari


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) akan menutup sementara ruas Jalan Nasional Bogor-Sukabumi mulai Jumat dini hari 9 Juni 2023 hingga Jumat 16 Juni 2023.

Penutupan total dua arah dilakukan pada jembatan bailey di ruas Jalan Ciawi-Banda, Kabupaten Bogor.

"Ya, penutupan total dilaksanakan selama 8 hari, mulai pukul 00.00 WIB tengah malam ini," ujar Pejabat Pembuat Komitmen 5.3 Provinsi Jabar Rendra Yudhi Agustian, Kamis (8/6/2023).

Penutupan jalan penghubung Bogor dengan Sukabumi ini dilakukan menyusul akan dilaksanakan pemasangan kontruksi Jembatan Cikereteg dengan metode assembly launcher gantry.

"Karena pada pelaksanaan kontruksi jembatan membutuhkan ruang yang sangat besar dan berisiko terhadap keselamatan, jadi jembatan bailey ditutup dulu untuk lalu lintas kendaraan," kata Rendra.

Awalnya Penutupan Selama 4 Hari

Semula, penutupan jalan nasional itu direncanakan pada 5 Juni lalu dan hanya berlangsung selama 4 hari. Akan tetapi, diundur dan waktu pemasangannya pun kini ditambah menjadi 8 hari.

"Karena terdapat perubahan kapasitas launcher, semula 150 ton menjadi 200 ton sehingga untuk mobilisasi launcher gantry memerlukan penambahan waktu," ujarnya.

Diketahui, Kementerian PUPR tengah membangun jembatan baru di ruas Jalan Ciawi-Banda, Kabupaten Bogor. Ini menyusul separuh badan jalan tersebut ambles akibat longsor pada 14 Maret 2023 lalu.

Sumber: Liputan6

0 Komentar