Tidak Disiplin, Pegawai Disdik Kabupaten Bogor Mendominasi Pelanggaran Jam Kerja


Tingkat kedisiplinan pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menurun. Pasalnya, sebanyak 19 pegawai ASN dan non ASN kedapatan telah melanggar ketentuan jam kerja.

Mereka terjaring operasi Penyelenggaraan Disiplin Aparatur Daerah (PDAD) yang dilakukan Satpol PP bersama Inspektorat dan Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Rabu (21/6/2023).

Kepala Bidang Pembinaan Satpol PP Kabupaten Bogor, Prayoga Santoso mengatakan, ke-19 pegawai tersebut terjaring PDAD di Gerbang Pintu Utama Pemda Kabupaten Bogor dan di sekitar wilayah Cibinong.

“Dengan rincian 18 ASN dan 1 non ASN, mereka keluar dinas di jam kerja, tidak membawa surat tugas dan tidak memakai atribut lengkap,” ungkapnya

Menurutnya, pelanggar didominasi pegawai Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor. Mereka beralasan saat ini tengah disibukan dengan urusan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sehingga mengharuskan keluar dinas di jam kerja.

“Namun, tetap saja harus dilengkapi surat tugas, dan mereka mengakui kesalahan itu,” kata Prayoga.

Dari hasil operasi ini, pihaknya segera berkoordinasi dengan BKPSDM untuk menindaklanjuti para ASN yang melanggar. Sementara pegawai non ASN langsung ditindaklanjuti dengan SKPD masing-masing.

Prayoga menilai, menurunnya tingkat kedisiplinan pegawai Pemkab Bogor lantaran sudah sekitar 4 tahun operasi PDAD tidak dilaksanakan.

“Karena Pandemi Covid-19 jadi tertunda, setelah ini kita akan rutinkan dan bukan hanya di Cibinong, tapi juga di wilayah kecamatan lain,” tegasnya.

Sementara, Kepala Seksi Binmas dan PSDA pada Satpol PP Kabupaten Bogor, Agus Budi mengungkapkan bahwa operasi yang dilakukan pihaknya untuk meningkatkan kedisplinan pegawai di Pemkab Bogor.

“Peningkatanan kedisplinan baik pegawai yang ASN maupun non ASN. Dengan displin maka kinerja masing-masing tempatnya bertugas akan maksimal,” katanya.


Lebih lanjut ia memaparkan, bahwa kedisiplinan pegawai menjadi kunci dalam capaian kinerja Pemkab Bogor.

“Optimalisasi kinerja pada tahun ini sangat penting untuk capaian visi misi Kabupaten Bogor dalam kepemimpinan Plt. Bupati Bogor Pak Iwan Setiawan,” tukasnya.(cok)

Sumber: RBG

0 Komentar