Tertimbun Longsor, Pria di Bogor Berhasil Diselamatkan


Hujan deras di kawasan Kota Bogor menyebabkan longsor di sejumlah titik, yakni di Lebak Kantin dan Ciparigi Kota Bogor, Minggu (23/3/2024) malam. Di Ciparigi, seorang warga berhasil diselamatkan meski sempat tertimbun longsor.

Di kawasan Ciparigi, longsor menimpa dua rumah, satu korban yang sempat tertimbun berhasil diselamatkan, sedangkan di Kampung Lebak Kantin diinformasikan dua warga tertimbun.

Dari video yang beredar, terlihat detik-detik evakuasi terhadap Sigit (42), korban longsor di Kampung Ciparigi RT 01/09 Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Minggu malam. Korban yang sempat tertimbun longsor di rumahnya berhasil diselamatkan oleh petugas SAR gabungan bersama warga.

Ketua RT 01, Entong, mengungkapkan longsor terjadi di kampungnya saat kawasan Bogor diguyur hujan lebat sekitar pukul 19.00.

"Pas hujan tadi tiba-tiba ada longsor, tebing setinggi 25 meter ambrol mengenai rumah Sigit," ungkap Entong.

Beruntung korban yang tengah berada di dalam rumah tidak tertimbun seluruhnya. Korban tertimbun sebatas pinggang sehingga berhasil dikenali warga dan petugas yang melakukan evakuasi.

Selain menimpa satu warga, longsor juga membuat dua unit rumah di kawasan ini mengalami rusak berat. Sebagian besar bagian rumah ambrol tertimpa longsoran.

Komandan Reguler SAR BPBD Kota Bogor, Ruli Sinambela, mengungkapkan, selain longsor di kawasan Ciparigi, hujan deras juga menyebabkan bencana banjir dan longsor di sejumlah titik.

Untuk bencana longsor selain di Kampung Ciparigi, juga terjadi di kawasan Kampung Lebak Kantin, Kecamatan Bogor Tengah. Sementara banjir terjadi di kawasan Pacilong, Tanah Baru, dan di Kelurahan Tegalega.

"Hujannya memang cukup ekstrem, selain longsor di sini ada sejumlah titik bencana lagi, banjir, dan tanah longsor," ungkap Ruli.

Sumber: BeritaSatu.Com

0 Komentar