Taman Peranginan

Alamat :
Jl.Jenderal Sudirman.Sempur Bogor.Jawa Barat,Indonesia

Taman ini adalah sebuah tempat singgah. Sebuah kebun dan taman untuk transit bagi yang memerlukan. Luasnyapun tidak lebih dari 2500 m2.

Salah satu kelebihan Taman Peranginan ini adalah tersedianya tempat sampah hampir di semua sudutnya, keberadaan jalan paving dan beberapa lokasi tempat duduk untuk bersantai. Keberadaan pohon-pohon tua bersejarah yang berdiameter lebih dari 1 meter adalah sajian utama yang menyumbang kenyamanan di Taman ini.

Bentuk Taman Peranginan memanjang searah jalan. Jika sisi yang satu berdampingan dengan trotoar dan jalan, maka sisi sebaliknya tepat menyajikan pemandangan lembah sungai Ciliwung yang luapan airnya selalu menghantui warga Jakarta.

Akses Menuju lokasi :

Dari Stasiun Kereta Api Bogor : naik angkutan kota No.12 turun di Taman Peranginan.

Dari Terminal BaranangSiang : naik angkutan kota No. 03, jurusan baranangsiang - bubulak, turun di stasiun, naik angkutan kota No. 12 turun di Taman Peranginan.

URAIAN SINGKAT

Taman Peranginan merupakan salah satu taman yang ada di Kota Bogor yang cukup terkenal seperti Taman Kencana dan taman lainnya. Taman Peranginan memiliki luas area sebesar 1.699,44 m². Lokasi taman berada di Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah. Taman Peranginan merupakan taman kota yang bersifat aktif sehingga tedapat banyak aktifitas yang dapat dilakukan didalamnya. Taman Peranginan merupakan satu-satunya taman di Kota Bogor yang berbatasan langsung dengan tebing, sehingga memiliki pemandangan yang cukup bagus dengan view perumahan dan Sungai Ciliwung. Dengan desain yang telah disesuaikan membuat taman ini cukup aman untuk dikunjungi.

Taman peranginan merupakan taman yang dikelilingi oleh kawasan jasa, sehingga kawasan ini merupakan kawasan yang cukup ramai. Selain kawasan jasa taman ini juga terdapat banyak tempat kuliner khas bogor yang cukup terkenal.Taman Peranginan merupakan taman yang teduh karena pohon yang ada ditaman tersebut adalah pohon-pohon besar dengan tajuk yang lebar dan telah berusia puluhan tahun. Namun dengan adanya pohon-pohon tersebut pengunjung tidak perlu khawatir karena pohon selalu dicek dan dipangkas apabila terdapat dahan pohon yang rawan patah.

FASILITAS

Fasilitas yang ada di Taman Peranginan adalah bangku taman, tempat sampah, patung kijang sabagai ornamen dari taman dan lampu taman yang menerangi taman. Kemudian terdapat jalur sirkulasi berupa paving block sehingga memudahkan para pengunjung untuk menelusuri taman. Selain itu terdapat beberapa alat bermain anak seperti ayunan dan perosotan sehingga fasilitas taman menjadi lebih lengkap, dan menambah aktifitas yang dapat dilakukan didalamnya.

AKSESIBILITAS

Cukup mudah untuk menemukan lokasi taman ini dengan menelusuri Jalan Jenderal Sudirman Kota Bogor. Lokasi taman tidak jauh dari pintu utama Istana Bogor dan berada dekat dengan Markas Kodim 0606 Kota Bogor. Apabila pengunjung yang ingin menggunakan angkutan umum (angkot) bisa dengan menaiki angkot nomor 08, 07, dan 12.

AKTIVITAS PENGUNJUNG

Aktifitas yang dilakukan oleh para pengunjung adalah bersosialisasi, duduk untuk menikmati pemandangan, bermain dengan menggunakan fasilitas yang ada pada taman tersebut.

Sumber: PEMKOT BOGOR

0 Komentar