Usaha Kaos Oblong - Bogor Channel

Usaha Kaos Oblong

Industri pakaian saat ini sedang menjadi trend. Mulai dari skala besar hingga untuk skala usaha kecil dan menengah. Apalagi konsep produksi yang barangnya terbatas.
Jelas produk tersebut dianggap lebih istimewa daripada produk merek besar yang pada umumnya diproduksi secara massal.
Salah satu produk kaos yang paling populer adalah produk kaos distro. Itu sebabnya salah satu pilihan usaha yang merupakan turunan dari industri distro adalah grosir usaha kaos oblong untuk distro.
Andalah yang akan menyediakan stok kaos oblong untuk para produsen distro untuk kemudian disablon dan menjadi produk khas distro.
Tingginya minat pasar akan kaos distro dengan aneka sablonan yang menarik dan unik itu menjadi pemicu tingginya pula permintaan grosir kaos oblong polos di pasar industri. Meski persaingan cukup tinggi, tetapi perkembangan permintaan di pasar juga turut berkembang dengan sangat cepat, terdongkrak oleh permintaan kaos distro yang luar biasa.
Khusus untuk industri distro skala besar, mungkin persediaan kaos oblong mereka dapatkan langsung dari produsen kaos. Biasanya pabrik produsen kaos oblong memasang quota khusus untuk setiap pembelian, atau dengan kata lain konsumen hanya dijinkan untuk membeli dalam jumlah sangat banyak dengan harga super murah. Kapasitas produksi pada industri besar membuat Anda lebih mudah memenuhi quota.
Tetapi untuk mereka yang memasuki pasar distro dalam kategori usaha menengah dan kecil, tentu kapasitas produksi mereka masih terbatas. Keterbatasan ini membuat mereka tidak bisa memesan kaos oblong dari produsen langsung, karena kapasitas produksi tidak mampu mencapai quota standar pembelian yang diperbolehkan.
Mereka yang berada dalam kategori menengah dan kecil inilah yang bisa menjadi pasar bagi usaha kaos polos Anda. Anda membeli dari produsen untuk Anda jual kembali ke pelaku usaha produksi kaos sablon khas distro.
Harga dari Anda mungkin tidak akan serendah harga dari pabrik, tetapi Anda tetap bisa menjual dengan harga yang masih cocok untuk harga pokok produksi dari kaos oblong distro.
Saat ini industri distro skala menengah dan kecil di Indonesia mencapai kisaran 60 % dari seluruh pelaku usaha distro dan line clothing. Artinya Pasar untuk usaha Anda sudah tersedia dengan sangat luas dan dalam jumlah besar.
Nah pertanyaannya bagaimana membuka usaha kaos oblong untuk distro ini?
  1. Mencari supplier
Untuk memenuhi kebutuhan pasar akan kaos oblong aneka model dan aneka kualitas bahan, anda perlu mendapatkan supplier yang mampu memberikan layanan terbaik mereka untuk menyediakan stok untuk Anda. Semakin baik bila Anda tidak melulu harus melakukan stok, cukup dengan memesan ketika Anda menerima pesanan. Bicarakan juga soal perjanjian pembayaran yang meringankan bagi Anda jalankan.
  1. Temukan pasar produk Anda
Anda baru bisa mendapat hasil kalau produk yang Anda jual laku di pasar. Itu sebabnya temukan pasarnya, lakukan pendekatan baik personal maupun secara bisnis untuk mendapat kepercayaan dari konsumen. Bahkan lakukan ini sebelum usaha Anda benar-benar dimulai, karena transaksi pertama biasanya selalu sulit, meski lebih sulit lagi untuk mempertahankan konsumen Anda.
  1. Pastikan ketersediaan produk
Saat ini desain dan rancangan produk kaos distro semakin beragam, itu sebabnya sebaiknya Anda juga menyediakan beragam jenis kaos oblong aneka model, aneka kualitas dan aneka warna. Semakin lengkap ketersediaan produk Anda semakin baik. Utamakan persediaan dengan jumlah permintaan terbanyak namun jangan abaikan produk-produk yang jarang mendapat pesanan. Kadang Anda perlu memiliki beberapa alternatif supplier supaya ketika supplier utama Anda tidak bisa memenuhi permintaan, Anda juga sudah siap dengan rencana alternatif.
  1. Pastikan modal Anda
Kunci utama dari bisnis grosir kaos oblong untuk distro adalah modal Anda. Karena semakin kuat modal kerja Anda semakin baik. Modal Anda sebagian besar akan terdistribusi ke stok gudang, karena semakin lengkap stok persediaan Anda semakin baik di mata pasar. Untuk usaha macam ini pun Anda tidak membutuhkan toko, pramuniaga dan pelayanan toko. Untuk informasi lebih jelas berikut ini asumsi permodalan yang bisa menjadi referensi Anda.
Modal awal                       
  • Pembuatan gudang : Rp. 40.000.000,-
  • Kendaraan pick up : Rp. 30.000.000,-
  • Total : Rp. 70.000.000,-
Modal kerja                      
  • Stok : Rp. 100.000.000,-
  • Tenaga kerja : Rp. 800.000,-
  • Listrik dll : Rp. 300.000,-
  • Keamanan : Rp. 3.000.000,-
  • Administrasi dan promosi : Rp. 600.000,-
  • Total : Rp. 106.700.000,-
Penjualan : Rp. 130.000.000,-
Keuntungan : Rp. 23.300.000,-
Anda bisa lihat dalam 1 bulan usaha grosir kaos oblong ini sudah bisa mengantongi keuntungan hingga 23 jutaan. Artinya dalam 3 bulan saja Anda sudah bisa balik modal. Itu dengan asumsi margin 30 %. Angka margin masih mungkin Anda kecilkan untuk bisa membandrol harga lebih rendah demi memenangkan persaingan yang ketat.

Bagaimana menurut Anda peluang usaha kaos oblong ini? Sangat potensial bukan? Hanya saja memang untuk menjalankan usaha grosir Anda membutuhkan modal yang besar, tentunya dengan pengembalian yang tidak kalah besar.

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda