Usaha Sampingan Ternak Cacing Sutra

BAGIKAN

Tak banyak yang tau potensi dari cacing sutra sebagai sebuah peluang usaha sampingan di rumah. Karena selama ini kebanyakan orang sudah t...

Tak banyak yang tau potensi dari cacing sutra sebagai sebuah peluang usaha sampingan di rumah. Karena selama ini kebanyakan orang sudah terjebak pada stigma menjijikan, sehingga menutup mata pada peluang menggiurkan dari hewan lunak satu ini.

Cacing sutra adalah pakan favorit dari banyak jenis ikan hias dan ikan produksi. Bukan hanya karena sesuai dengan selera mereka, tetapi karena bagi para pelaku usaha perikanan, cacing sutra memberi manfaat baik untuk proses pembesaran ikan.

Cacing sutra memiliki banyak kandungan nutrisi terutama protein yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan. Protein sangat besar perannya dalam pembentukan massa otot dari ikan sehingga ikan tumbuh besar dengan baik dan gempal.

Kebanyakan pelaku usaha perikanan sampai sekarang masih kerap mengeluhkan betapa sulitnya mendapatkan suplai cacing sutra untuk kebutuhan pakan usaha mereka. Akhirnya kebanyakan memilih menggunakan pakan pabrikan yang sebenarnya membuat rasa daging ikan kurang legit.

Selain itu tentu saja pakan alami tetap lebih baik dan sehat ketimbang pakan pabrikan yang sudah dikeringkan dan biasanya berasal dari limbah ikan. Masalahnya memang kebanyakan suplai cacing sutra berasal dari sungai dan danau-danau.

Hingga saat ini belum banyak orang yang menjalankan usaha budidaya cacing sutra ini padahal pasar sudah demikian berkembang. Anda sendiri bisa melihat bagaimana perkembangan usaha perikanan dengan memantau semakin banyaknya persawahan yang beralih fungsi menjadi kolam ikan produksi.

Itulah potensi yang bisa Anda kembangkan dari cacing sutra. Anda bisa membuka usaha sampingan di rumah dengan membudidayakan cacing yang berukuran seperti tali dengan warna merah ini di rumah Anda. Usaha ini memang cocok Anda jalankan di rumah, karena sebenarnya tidak membutuhkan banyak lahan untuk penggarapannya.

Malah beberapa pelaku usaha cacing sutra ini hanya bermodal sebuah rak bambu dengan baskom-baskom sebagai media budidaya. Jadi Anda bisa memanfaatkan celah kosong kecil di sudut rumah Anda, baik itu dengan bentuk kolam atau dengan bentuk rak-rak baskom, tergantung ukuran ruang sisa yang tersedia di rumah Anda.

Anda hanya perlu menyiapkan sebuah wadah pemeliharaan dengan kolam bertingkat atau baskom besar yang sudah Anda bersihkan dan keringkan. Lalu Anda isi dengan lumpur dan kotoran binatang, sebaiknya kotoran ayam karena tidak terlalu berserat.

Lalu Anda diamkan supaya ekosistem normal untuk cacing sutra ini terbentuk. Lalu Anda cemplungkan bibit cacing sutra ke dalamnya.

Anda cukup diamkan selama 1 minggu dan cacing sutra siap Anda panen.  Biasanya dari sebuah kolam berukuran 1 x 2 meter dengan kedalaman 30 cm bisa mendapatkan panen sebanyak 150 gram atau 1,5 kilogram. Harga perkilo cacing sutra bisa mencapai Rp 20 ribu.

Biasanya seorang pelaku usaha cacing sutra bisa membuat usaha ini dengan setidaknya 10 susun kolam. Artinya dalam 1 minggu Anda bisa mendapatkan hasil sekitar 300 ribu atau sekitar 1, 2 juta perbulan. Panen ini bisa Anda ulang tiap 1 minggu sekali tanpa harus repot melakukan pembibitan ulang pada kolam atau baskom Anda. Artinya modal awal tidak perlu berulang selama setidaknya  4 – 5 kali panen.

Memang bukan hasil yang besar tetapi cukup menggiurkan untuk sebuah usaha sampingan di rumah dengan modal kecil bukan? Apalagi Anda hanya akan membutuhkan ruang usaha yang tak lebih dari ukuran 3 x 3 m atau tak lebih dari seukuran kamar.

Dan menariknya, Anda tidak perlu repot mencari pembeli cacing sutra hasil panen Anda. Karena biasanya ada banyak pengepul cacing sutra di pasaran yang memang khusus bermain di pasar pemasok pakan ikan di kalangan pelaku usaha perikanan. Mereka membutuhkan suplai hingga kwintalan tiap bulan dan untuk itu mereka jarang menternakan sendiri cacing sutranya, melainkan membeli dari para peternak kecil.

Bukankah ini bisnis yang menarik? Karena sangat simpel dan mudah Anda jalankan ditengah aktivitas Anda dengan pekerjaan utama Anda, bahkan untuk Anda yang cukup sibuk sekalipun karena proses pemeliharaannya cenderung sederhana.

Anda tertarik untuk menggeluti usaha sampingan modal kecil satu ini? Berikut ini adalah panduan perhitungan biaya dan modal usaha budidaya cacing sutra untuk referensi usaha Anda.

Kami memilih usaha dalam bentuk rak baskom karena dari sisi biaya lebih ringan dari kolam bertingkat.

Modal awal

    Rak besi 4 buah     : Rp. 600.000,-
    Baskom pendek 144 buah     : Rp. 1.800.000,-
    Bahan pembiakan     : Rp. 300.000,-
    Sistem pengairan     : Rp. 250.000,-
    Bibit     : Rp. 1.200.000,-

TOTAL                                                      Rp. 4.150.000,-

Pendapatan perbulan                        Rp. 1.200.000,-

BEP = 4 bulan !!


Anda sudah bisa melihat bukan bagaimana Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang tidak kecil dari usaha sampingan di rumah? Bahkan dengan modal yang tak sampai Rp 5 juta dan Anda sudah bisa mendapatkan hasil setidaknya 1.200.000 tanpa biaya rutin bulanan.

KOMEN

Nama

Acara,45,Artikel,38,Berita,366,Budaya,6,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,70,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,130,Kriminal,14,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,56,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Usaha Sampingan Ternak Cacing Sutra
Usaha Sampingan Ternak Cacing Sutra
http://4.bp.blogspot.com/-EUqYnFRIMXw/VfT7w3w0r0I/AAAAAAAABwg/YoH7bI-e5IE/s1600/usaha-sampingan-di-rumah-300x225.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-EUqYnFRIMXw/VfT7w3w0r0I/AAAAAAAABwg/YoH7bI-e5IE/s72-c/usaha-sampingan-di-rumah-300x225.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2015/09/usaha-sampingan-ternak-cacing-sutra.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2015/09/usaha-sampingan-ternak-cacing-sutra.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin