Sistem Satu Arah Berpotensi Perparah Kemacetan Kota Bogor

BAGIKAN

Minimnya persiapan, khususnya terkait pembenahan infrastruktur jalan, menjelang pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA) di lingkar Kebun Ray...

Minimnya persiapan, khususnya terkait pembenahan infrastruktur jalan, menjelang pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA) di lingkar Kebun Raya Bogor (KRB) pada 1 April 2016, berpotensi memperparah kemacetan di Kota Bogor.

Hal tersebut mengingat satu bulan sebelum dilakukannya uji coba SSA ini, Pemerintah Kota Bogor hanya fokus pada sosialisasi kebijakan yang bertujuan mengatasi kemacetan di pusat kota.

Dari pantauan Okezone, rute SSA di seputaran KRB yakni Jalan Ottista, Juanda, Jalak Harupat dan Pajajaran nyaris tak ada perubahan, baik itu pelebaran jalan di pusat kota maupun di jalur yang terdampak dari pengalihan arus.

Menurut Pengamat Kebijakan Publik Sosial dan Politik Universitas Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhamadiyah Bogor, Yus Fitriadi, Pemkot Bogor masih kurang persiapan, dan kebijakannya terkesan terburu-buru dalam memberlakukan SSA.

"Saya sendiri melihat kebijakan ini terkesan mendadak, tanpa memiliki perencanaan berbaris riset. Program SSA ini seperti besifats sporadis, sehingga wajar masih banyak masyarakat yang kurang paham paham dengan sistem ini," katanya, Kamis (31/3/2016).

Yus menambahkan, karena kebijakan ini diberlakukan di pusat kota, dan banyak masyarakat yang merasakan dampaknya, seharusnya Pemkot mengkaji ulang dengan memfokuskan pada pembenahan infrastruktur, dan mengkaji ulang dengan terlebih dahulu mempersiapkan masterplan atau blueprint.

"Segala kebijakan harus adanya perencanaan berbasis riset yang hasilnya berupa masterplan, dari situ bisa diketahui nilai anggaran yang dibutuhkan. Tapi, sekarang terkesan tertutup. Sehingga jelas indikasinya bahwa program ini bersifat mendadak, dan jika terus dipaksakan malah akan memperparah atau menambah kemacetan," tambahnya.

Selain pembenahan infrastruktur dengan pelebaran jalan, dan penertiban pedagang kaki lima (PKL), kebijakan yang dicetuskan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto ini dinilai akan sia-sia, jika tidak dibarengi dengan law enforcement atas peremajaan kendaraan, dan pengurangan kendaraan yang sudah tak layak.

"Kemudian jika PKL masih saja terus dibiarkan memadati badan jalan dan pedestrian, saya pesimis program ini dapat mengurangi masalah kemacetan di pusat Kota Bogor," jelasnya.

Pemberlakuan SSA ini sendiri sedianya dilakukan tepat pada pukul 00.00 WIB, Jumat besok. Wali Kota Bima Arya dalam kesempatannya menjelaskan, dalam satu hari ini akan berada di lapangan untuk memantau kesiapan menjelang diberlakukan SSA.
Nama

Acara,91,Artikel,39,Berita,473,Bogor,2,Budaya,7,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,83,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,155,Kriminal,36,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,miras,1,Peluang Usaha,17,Pemerintah,60,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Sistem Satu Arah Berpotensi Perparah Kemacetan Kota Bogor
Sistem Satu Arah Berpotensi Perparah Kemacetan Kota Bogor
https://4.bp.blogspot.com/-q7fF0la4LVo/VvzpimV_8aI/AAAAAAAAD8I/F6hLhI104PYpoEVxAPOQpjk87kYiNarxQ/s320/sistem-satu-arah-berpotensi-perparah-kemacetan-kota-bogor-9dPiddpTmL.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-q7fF0la4LVo/VvzpimV_8aI/AAAAAAAAD8I/F6hLhI104PYpoEVxAPOQpjk87kYiNarxQ/s72-c/sistem-satu-arah-berpotensi-perparah-kemacetan-kota-bogor-9dPiddpTmL.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2016/03/sistem-satu-arah-berpotensi-perparah.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2016/03/sistem-satu-arah-berpotensi-perparah.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin