33 Tips supaya tetap sehat di Musim Hujan

BAGIKAN

Berikut ini admin himpun cara tetap sehat di Musim Hujan, yang pastinya bisa membuat kita tetap bisa beraktifitas di cuaca yang dingin.

Musim hujan tinggal beberapa pekan lagi! Selain menyiapkan payung dan jas hujan, anda juga perlu menyiapkan diri untuk menjaga kesehatan jasmani. Berikut ini admin himpun cara tetap sehat di Musim Hujan, yang pastinya bisa membuat kita tetap bisa beraktifitas di cuaca yang dingin.

1. Cukup tidur, nyenyak di malam hari
Sebuah penelitian ilmiah pada tahun 2009, seperti yang pernah dipublikasikan di health.com, mengklaim bahwa seseorang yang tidur kurang dari tujuh jam lebih rentan terhadap flu.

2. Cuci tangan Anda secara teratur, dengan air dan sabun
Menjaga tangan Anda tetap bersih dari kotoran adalah langkah pertama untuk mencegah penyebaran kuman dan infeksi, menurut National Kidney Foundation.

3. Minumlah banyak cairan
Minuman hangat yang pas, seperti jeruk hangat atau teh wangi, dapat membantu mencegah dehidrasi dan mengurangi sakit tenggorokan yang menjadi pemicu penyakit.

4. Konsumsi sayuran dan buah-buahan
University of California, Berkeley merekomendasikan brokoli, kembang kol dan kangkung untuk sistem kekebalan yang lebih kuat pada musim hujan, dikarenakan sayuran tersebut mengandung banyak antioksidan.

5. Jauhi orang yang sakit
Jaga jarak dari orang yang sedang sakit. Jika Anda harus berjabat tangan dengan orang sakit, pastikan selalu cuci tangan Anda menggunakan air hangat dan sabun sesudahnya.

6. Cuci sprei dan sarung bantal secara teratur
Ganti seprei dan sarung bantal secara teratur, terutama ketika seseorang di rumah menderita flu, untuk mencegah penyebaran virus.

7. Jemur bada di bawah Matahari
Luangkan waktu di bawah sinar matahari pagi untuk mendapatkan vitamin D. 

8. Konsumsi makanan yang kaya vitamin D
Penelitian kesehatan The Dairy Council of California merekomendasikan beberapa makanan dan minuman yang kaya akan vitamin D, yang baik untuk kekebalan tubuh.

9. Makan bawang putih
Para pakar dari Dewan Dairy California, merekomendasikan menambahkan bawang putih ke makanan, karena mengandung banyak selenium dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

10. Konsumsi susu
Keju dan yogurt mengandung asam linoleat dan probiotik, yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi dalam.

11. Hindari berbagi peralatan dapur
Jangan menggunakan atau berbagi piring, sendok, garpu, dan kacamata dengan orang lain, untuk mencegah penularan virus atau bakteri dari orang yang terinfeksi.

12. Tutup mulut Anda saat bersin
Tutupi mulut dan hidung Anda saat bersin menggunakan kertas tisu, sapu tangan, atau bagian dari pakaian Anda. Ini bisa mengurangi penyebaran virus atau bakteri.

13. Hindari stres
Profesor Carl Charnetski, MD, dari Wilkes University telah menemukan bahwa melakukan kegiatan yang kita nikmati dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

14. Pakailah pakaian hangat
Saat dingin, kenakan pakaian hangat untuk menjaga tubuh tetap hangat dan mencegah badan menggigil.

15. Mandi air hangat 
Menurut sebuah penelitian pada tahun 2009 seperti yang dipublikasikan di health.com, mandi air hangat dapat membantu memerangi penyebaran virus serta mengurangi sakit tenggorokan yang sering kali disertai dengan serangan flu.

16. Hindari menyentuh wajah Anda
Menyentuh mata dan wajah Anda meningkatkan risiko infeksi, karena tangan Anda mungkin telah terkontaminasi oleh bakteri atau virus.

17. Dapatkan pijatan santai 
Pijatan yang dilakukan sendiri dengan memijat punggung atau kepala dapat mengurangi stres, sehingga tubuh akan dapat memperkuat sistem kekebalannya.

18. Meminum air garam hangat
Sebuah studi pada 2005 yang dipublikasikan di health.com mencatat bahwa orang yang mereguk minuman dengan air garam tiga kali sehari lebih kecil kemungkinannya tertular influenza.

19. Hindari camilan yang tidak sehat
Hindari mengkonsumsi makanan ringan yang mungkin tidak higienis, karena dapat menyebabkan keracunan makanan atau masalah pencernaan lainnya seperti makanan yang berada di trotoar.

20. Hindari antibiotik
Flu disebabkan oleh sebuah virus, jadi antibiotik bukan obat yang paling tepat. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat juga akan membuat bakteri kebal.

21. Ambil hari libur, atau lebih
Hindari menginfeksi orang lain di sekolah atau di tempat kerja dengan tetap tinggal di rumah dan beristirahat ketika Anda sakit.

22. Hindari hal-hal penyebab Alergi
Hindari alergen seperti debu dan asap karena dapat memicu alergi yang akan membuat Anda sakit.

23. Luangkan waktu untuk bersantai
Stres yang berkepanjangan dapat memperburuk sistem kekebalan tubuh dan membuat kita rentan terhadap influenza, usahakan waktu untuk bersantai.

24. Ambil obat yang tepat
Ketika Anda mulai mengalami gejala-gejala flu, minum obat yang tepat seperti aspirin, ibuprofen, dan acetaminophen.

25. Hindari menggigit kuku
Selain menjadi kebiasaan kurang baik, menggigit kuku akan meningkatkan risiko infeksi dari bakteri yang hinggap di bawah kuku.

26. Konsumsi makanan dengan serat tinggi
Makanan berserat tinggi dapat membantu mendapatkan sistem kekebalan yang lebih kuat dan melindungi tubuh dari infeksi flu dan pencernaan.

27. Hindari bermain genangan air
Meskipun mungkin menyenangkan, bermain di genangan air akan membuat Anda berisiko terkena cacing dan infeksi kulit.

28. Kenakan alas kaki
Cacing dan jamur dapat masuk ke tubuh melalui kaki, jadi selalu pakai alas kaki saat keluar dari rumah.

29. Kurangi soda
Gula yang terkandung dalam kaleng soda dapat mengurangi fungsi kekebalan hingga 30%, menurut Mark Moyad, MD dari Pusat Medis Universitas Michigan.

30. Tidur siang
Ketika Anda memiliki waktu luang, gunakan untuk tidur siang. Ini baik untuk sistem kekebalan tubuh dengan mengambil porsi minimal 7 menit.

31. Memperbaiki selokan yang tersumbat
Selokan yang tersumbat dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman, sehingga menyebabkan penyakit yang sering mewabah selama musim hujan, seperti demam berdarah.

32. Mengkonsumsi madu
Tambahkan madu ke dalam segelas minuman hangat anda seperti jeruk hangat atau teh panas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu dipercaya memiliki efek anti bakteri yang sangat luar biasa.

33. Jaga agar kaki Anda tetap kering
Ketika Anda basah karena hujan, cuci kaki Anda bersih dan keringkan untuk menghindari ruam dan infeksi jamur.


KOMEN

Nama

Acara,47,Artikel,38,Berita,366,Budaya,6,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,70,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,130,Kriminal,14,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,56,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: 33 Tips supaya tetap sehat di Musim Hujan
33 Tips supaya tetap sehat di Musim Hujan
Berikut ini admin himpun cara tetap sehat di Musim Hujan, yang pastinya bisa membuat kita tetap bisa beraktifitas di cuaca yang dingin.
https://4.bp.blogspot.com/-3xlg_suDHq0/XDRxPatXDvI/AAAAAAAADrw/L4KZjGbhmWMvC2XYiT287ERZ_6LEcoz1wCLcBGAs/s640/33%2BTips%2Bsupaya%2Btetap%2Bsehat%2Bdi%2BMusim%2BHujan.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-3xlg_suDHq0/XDRxPatXDvI/AAAAAAAADrw/L4KZjGbhmWMvC2XYiT287ERZ_6LEcoz1wCLcBGAs/s72-c/33%2BTips%2Bsupaya%2Btetap%2Bsehat%2Bdi%2BMusim%2BHujan.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2016/08/33-tips-supaya-tetap-sehat-di-musim-hujan.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2016/08/33-tips-supaya-tetap-sehat-di-musim-hujan.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin