Warga Bogor! Waspada Modus Penipuan Cek Miliaran di Pinggir Jalan


Siapa yang tak tergiur melihat cek bernilai miliaran rupiah di pinggir jalan. Lembaran yang hanya bisa dicairkan sang pemilik dana itu, justru menjadi salah satu modus penipuan. Ya, penipuan dengan iming-iming cek palsu ini kembali ditemukan di Kota Bogor.

Seperti yang dilaporkan seorang warga ke Polsek Bogor Tengah, Polresta Kota Bogor. Lagi-lagi cek senilai Rp4,5 miliar atas nama Drs H Sutoro, Presiden Direktur PT Surya Wira Agrah, Kabupaten Bontang, Kalimatan Timur, ini tersimpan dalam sebuah amplop di pinggir jalan.

Kapolsek Bogor Tengah Kompol Syaifudin Gayo mengatakan, cek tersebut dilaporkan seorang warga. Petugas langsung mendatangi dan mengamankan temuan tersebut. Cek itu, lanjut Gayo, dipastikan adalah penipuan.

“Ini memang jelas penipuan. Karena sudah seringkali atas nama dan sudah diselidiki oleh kepolisian,” kata Gayo, minggu (22/4/18).

Modusnya, kata dia, pelaku menjatuhkan amplop coklat di jalanan, agar warga tertarik. Setelah itu, di dalam surat tersebut dilampirkan keterangan sebagai surat penting. Nantinya, warga diiming-imingi uang namun dengan meminta tolong pinjaman sejumlah uang.

“Saya pinjam dulu 10 juta, nanti saya ganti. Karena saya masih ada urusan, uang saya sudah ada di cek itu,” kata Gayo mempratikkan cara sang penipu menggaet korbannya. Atas kasus ini, kata Gayo, pelaku yang masih burun akan dikenakan pasal 378 KUHP.

Gayo juga mengimbau masyarakat waspada bila menemukan cek bernilai miliaran rupiah. Jika menemukan, segeralah melapor ke kantor polisi terdekat.











Sumber : Pojokjabar

0 Komentar