Kasus Pengelolaan Air di Sentul City Bagai Pisau Bermata Dua

BAGIKAN

Keputusan Ombudsman perwakilan Jakarta Raya yang mendesak pemerintah Kabupaten Bogor mengambil alih Pengelolaan Air Minum di Sentul Cit...


Keputusan Ombudsman perwakilan Jakarta Raya yang mendesak pemerintah Kabupaten Bogor mengambil alih Pengelolaan Air Minum di Sentul City, membuat Ade yasin selaku Bupati Bogor angkat bicara mengenai bahwa keputusan tersebut tidak bisa diputuskan secara tergesa-gesa. Karena itu akan berdampak pada kurangnya pasokan air yang akan didapatkan oleh masyarakat.

Bupati Bogor mengakui terkait adanya permintaan yang telah di usulkan PDAM Tirta Kahuripan atas solusi untuk melaksanakan  Laporan Hasil Akhir Pemeriksaan (LAHP) Tentang penyelesaian Permasalahan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Perumahan Sentul City.

"Kita harus pada hukum. Tapi, akan ada dampak berhentinya distribusi air ke masyarakat. Ini yang harus dibicarakan dengan banyak pihak," Ujar Ade yasin kepada para wartawan, selasa (22/01/2019).

Beliau juga menegaskan, adanya perubahan kerjasama antara PDAM Tirta Kahuripan dengan PT Bukit Sentul mengakibatkan situasi ini bagai pisau bermata dua. 

Dimana jika dia mematuhi putusan pengadilan, maka dampak akan menimpa pada masyarakat yaitu terhentinya pasokan akan distribusi air. Tapi di sisi lain, jika tidak mematuhi hasil dari kerja sama tersebut maka Pemerintah Kabupaten Bogor telah melakukan perbuatan melawan hukum.

"Sementara ini, saya perintahkan PDAM patuhi dulu putusan pengadilan. Kalau ada gejolak baru segera dibenari. Kerja sama juga harus diubah. Karena melanggar aturan," tegasnya.

Laporan Hasil Akhir Pemeriksaan (LAHP) tentang Penyelesaian Permasalahan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di perumahan Sentul City, Kabupaten Bogor, dari Pemkab Bogor dan PDAM Tirta Kahuripan pada 21 Desember 2018.

Secara umum, Pemerintah Kabupaten Bogor dan PDAM Tirta Kahuripan menyampaikan beberapa hal sama yaitu:

(1) Akan melakukan pembatalan izin SPAM PT. Bukit Sentul, Tbk. setelah menerima salinan putusan peradilan TUN tingkat kasasi.

(2) Setelah pembatalan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bogor akan menginstruksikan PDAM Tirta Kahuripan untuk membatalkan perjanjian kerjasama PDAM Tirta Kahuripan dengan PT.Bukit Sentul, Tbk. beserta addendumnya. Untuk selanjutnya dibuat perjanjian baru sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku.

(3) Pemerintah Kabupaten Bogor akan menetapkan masa transisi selama 2 tahun dalam proses pengambilalihan SPAM.

(4) Penetapan masa transisi 2 tahun dilakukan karena mempertimbangkan ketidaksediaan PT Bukti Sentul City Tbk. dalam menyerahkan jaringan Pipa Distribusi utama, tidak dapat dikompensasi atau Pemerintah Kabupaten Bogor dan PDAM Tirta Kahuripan melakukan investasi baru yang diperkirakan akan menghabiskan dana Rp51 miliar.

(5) Pemerintah Kabupaten Bogor akan meminta PT. Bukit Sentul, Tbk. untuk memisahkan tagihan pembayaran air minum dengan Biaya Pemeliharaan dan Pengelolaan Lingkungan (BPPL).

(6) PDAM akan membuat perjanjian baru tentang jual beli air bersih dengan pihak yang ditunjuk sebagai pengelola SPAM selama masa transisi peralihan.


(7) PDAM juga akan melaksanakan proses kerjasama untuk air baku Cibimbim dengan PT.Bukit Sentul, Tbk. dengan syarat sarana/prasana Booster Pump di sekitar Kandang Roda diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Bogor atau PDAM Tirta Kahuripan.


Foto: Bogor.Pojoksatu

KOMEN

Nama

Acara,105,Artikel,42,Berita,539,Bogor,2,Budaya,9,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,83,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,156,Kriminal,52,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,62,Pemkot,8,Pengumuman,19,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Kasus Pengelolaan Air di Sentul City Bagai Pisau Bermata Dua
Kasus Pengelolaan Air di Sentul City Bagai Pisau Bermata Dua
https://3.bp.blogspot.com/-Rx-8r3QFgbo/XEcfcpPSYvI/AAAAAAAAADQ/A1uDh0TfA6kjb0Q7YbTOylfEwJwZFzO_wCLcBGAs/s640/WhatsApp%2BImage%2B2019-01-22%2Bat%2B20.34.45.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-Rx-8r3QFgbo/XEcfcpPSYvI/AAAAAAAAADQ/A1uDh0TfA6kjb0Q7YbTOylfEwJwZFzO_wCLcBGAs/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2019-01-22%2Bat%2B20.34.45.jpeg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/01/kasus-pengelolaan-air-di-sentul-city.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/01/kasus-pengelolaan-air-di-sentul-city.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin