BPBD Jawa Barat Terus Sosialisasikan Pengembangan Sekolah Madrasah Aman Bencana

BAGIKAN

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat terus melakukan sosialisasi Pengembangan Sekolah Madrasah Aman Bencana tahun 20...



Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat terus melakukan sosialisasi Pengembangan Sekolah Madrasah Aman Bencana tahun 2019 di wilayah Jawa Barat. Hal ini menjadi penting sebagai salah satu upaya mempersiapkan generasi yang memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menghadapi bencana, ini dikatakan oleh Kepala BPBD Provinsi Jawa Barat, Supriyatno pada saat memberikan sosialisai di Olympic Renovotel Sentul, Selasa (29/1).

“Kita terus lakukan sosialisasi pengembangan sekolah madrasah aman bencana di seluruh wilayah Jawa Barat, perlu diketahui Jawa Barat merupakan salah satu daerah dengan potensi bencana alam yang tertinggi di Indonesia, untuk itu kita gencar berikan sosialisasi agar ada penanganan sejak dini, sekarang kita berikan sosialisasi di wilayah Kabupaten Bogor,” ujar Supriyatno.

Ia pun menjelaskan, Data Indeks Resiko Indonesia (IRBI) berdasarkan klasifikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan nilai mencapai 250 untuk Kabupaten Bogor dan merupakan yang tertinggi di seluruh Indonesia, kedua ditempati oleh Kabupaten Garut, ketiga Kabupaten Sukabumi selanjutnya ditempati oleh Kabupaten Tasikmalaya.

“Di Jawa Barat terdapat 27 Kabupaten Kota yang memiliki resiko bencana, dimana 20 Kabupaten Kota itu termasuk resiko tinggi dan 7 Kabupaten lainnya termasuk golongan yang menengah, untuk 20 Kabupaten Kota yang resiko tinggi terdapat di wilayah Jawa Barat bagian tengah dan selatan, kejadian bencana yang tertinggi diakibatkan oleh pergeseran tanah, kemudian oleh banjir, termasuk di Kabupaten Bogor untuk bencana yang diakibatkan oleh pergeseran tanah,” jelasnya.

Lebih lanjut supriyatno berharap, seluruh sekolah di Jawa Barat dapat terus melakukan edukasi, sosialisasi dan praktek simulasi.

“Ranah mitigasi untuk pencegahan dan kesiapsiagaan bencana inilah terdapat edukasi, sosialisasi dan praktik simulasi, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang ketika terjadi “Great Earthquake” atau gempa besar, ternyata setelah kejadian bencana gempa besar itu terdapat istilah golden time yang berarti waktu emas, waktu emas itulah yang dapat menyelamatkan korban di lokasi kejadian itu karena pengetahuan pribadi dan keterampilannya yang sudah dimilikinya,” lajutnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Parung Ikhwan Setiawan mengatakan, rata-rata sekolah-sekolah di Kabupaten Bogor bangunannya sudah mengikuti standar artinya mengikuti konstruksinya, dan sejauh ini di Kabupaten Bogor, khususnya tingkat SMA sudah aman.

“Sekolah-sekolah yang termasuk rawan bencana itu mungkin hanya sekolah-sekolah yang ada di wilayah lereng atau di perbukitan dan itu merupakan faktor alam, misalnya terdampak bencana longsor atau banjir, bukan karena faktor bangunan, sejauh ini menurutnya standar bangunan sekolah-sekolah di kabupaten bogor sudah aman,” imbuhnya.

Disisi lain Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Pranowo menginstruksikan kepada perangkat daerah untuk siap siaga terhadap ancaman bencana di Kabupaten Bogor.

“Mulai dari tanggal 1 November 2018 sampai dengan tanggal 31 Maret 2019 Provinsi Jawa Barat diinstruksikan untuk siap siaga menghadapi ancaman bencana,” pungkasnya. (Mey/Derima/Diskominfo).




Sumber : bogorkab.go.id

KOMEN

Nama

Acara,45,Artikel,38,Berita,366,Budaya,6,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,70,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,130,Kriminal,14,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,56,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: BPBD Jawa Barat Terus Sosialisasikan Pengembangan Sekolah Madrasah Aman Bencana
BPBD Jawa Barat Terus Sosialisasikan Pengembangan Sekolah Madrasah Aman Bencana
https://3.bp.blogspot.com/-RDSrEmYWBoQ/XFfHXXBGVHI/AAAAAAAAA1Q/xaqz8UL2g6gOcaVh3R2x90HLVs4rSfjbwCLcBGAs/s640/WhatsApp_Image_2019-01-30_at_08.03_.06_.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-RDSrEmYWBoQ/XFfHXXBGVHI/AAAAAAAAA1Q/xaqz8UL2g6gOcaVh3R2x90HLVs4rSfjbwCLcBGAs/s72-c/WhatsApp_Image_2019-01-30_at_08.03_.06_.jpeg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/02/bpbd-jawa-barat-terus-sosialisasikan.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/02/bpbd-jawa-barat-terus-sosialisasikan.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin