e-menanduk Mudahkan Warga, KTP-el Selesai Dua Hari

BAGIKAN

Baru lima hari diluncurkan, e-menanduk atau elektronik Melayani Administrasi Kependudukan program inovasi dari Dinas Kependudukan dan...



Baru lima hari diluncurkan, e-menanduk atau elektronik Melayani Administrasi Kependudukan program inovasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor sudah diakses lima ribu warga Kota Bogor.

Aplikasi buatan anak negeri ini memang dikhususkan bagi warga Kota Bogor untuk kemudahan dalam pelayanan permohonan percetakan KTP-el dan Kartu Identitas Anak (KIA). Pasalnya, warga atau pemohon cukup membuka link e-menanduk.kotabogor.go.id dan mengikuti langkah-langkahnya.

"Masukkan nomor KTP, nomor KK (Kartu Keluarga) untuk melihat data keluarga dan nomor handphone. Nomor handphone dibutuhkan untuk laporan status KTP dari Disdukcapil ke pemohon," ujar Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Dody Ahdiat, Jumat (15/03/2019).

Dody mengatakan, setelah proses permohonan cetak KTP-el online dibuat, pemohon akan diberikan status dari KTP-el, yakni tunggu verifikasi atau siap ambil. Jika status sudah siap ambil berarti KTP-el sudah selesai dan bisa diambil langsung ke Disdukcapil Kota Bogor dengan membawa KTP-el lama dan KK.

"Proses sampai KTP-el selesai paling lama satu sampai dua hari, tentunya ini lebih efisien karena warga tidak perlu datang mengantri," jelasnya.

Kemudahan juga diberikan Disdukcapil Kota Bogor bagi mereka yang tidak memiliki akses handphone atau kuota internet. Dody menuturkan, warga dipersilahkan datang ke kelurahan atau kecamatan. Pihaknya sudah melatih staf kelurahan dan kecamatan untuk membantu masyarakat yang tidak mempunyai handphone.

"Kedepan aplikasi ini akan terus dikembangkan. Kalau sekarang e-menanduk memang baru bisa cetak KTP dan KIA tapi kedepan aplikasi ini akan terus dikembangkan agar bisa juga untuk akta kelahiran, perubahan KK, pindah datang dan lain-lain. Kami mohon doa dari semua stakeholder dan warga Kota Bogor," imbuhnya.

Sementara itu, Salah seorang warga Manunggal, Kecamatan Bogor Barat, Ayda Triwahyuni mengatakan, dirinya melakukan permohonan pencetakan KTP-el melalui e-menanduk. Ia mendaftar pada Rabu (13/03), kemudian besoknya ia mendapatkan SMS bawa Jumat (15/03) ini KTP-el sudah bisa diambil.

"Alhamdulillah e-menanduk membantu banget jadi tidak makan waktu banyak. Apalagi bisa kita cek sendiri status KTP-el nya sudah di proses atau belum. Beda kalau kita mengurus manual atau kolektif di RT, bisa semingguan," katanya. (Humpro :fla-SZ).




Sumber : kotabogor.go.id

KOMEN

Nama

Acara,85,Artikel,39,Berita,459,Bogor,2,Budaya,7,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,83,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,155,Kriminal,33,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,miras,1,Peluang Usaha,17,Pemerintah,60,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: e-menanduk Mudahkan Warga, KTP-el Selesai Dua Hari
e-menanduk Mudahkan Warga, KTP-el Selesai Dua Hari
https://1.bp.blogspot.com/-LCRKTAHkj4g/XI9t4DFzu0I/AAAAAAAAA68/xY-LRuwhIncUqUfdbCIltLX86N3YdzYZQCLcBGAs/s640/e-ktp-kota1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-LCRKTAHkj4g/XI9t4DFzu0I/AAAAAAAAA68/xY-LRuwhIncUqUfdbCIltLX86N3YdzYZQCLcBGAs/s72-c/e-ktp-kota1.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/03/e-menanduk-mudahkan-warga-ktp-el.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/03/e-menanduk-mudahkan-warga-ktp-el.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin