Pejabat Pemkot Bogor Tak Transparan?

BAGIKAN

Hasil evaluasi LHKPN Kota Bogor, jumlah pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tahun lalu, seluruh pejabat melaporkan LHKPN tepat waktu....

Hasil evaluasi LHKPN Kota Bogor, jumlah pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tahun lalu, seluruh pejabat melaporkan LHKPN tepat waktu. Tahun ini, ada peningkatan jumlah wajib lapor LHKPN, dari 71 menjadi 89.

Diketahui, total pejabat keseluruhan di Kota Bogor saat ini ada sekitar 914. Dan yang wajib LHKPN ada 89 orang dari eselon 2 seperti wali kota, wakil wali kota, unit layanan pengadaan barang dan jasa, auditor, direktur perusahaan daerah.

Spesialis Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN Direktorat LHKPN Kedeputian Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi, Andhika Widiarto meminta kepada seluruh pejabat wajib lapor supaya benar-benar transparan dalam melaporkan harta kekayaannya.

Menurut Andhika, menutupi jumlah harta justru akan menimbulkan kecurigaan bagi masyarakat dan juga KPK. Meski begitu, Andhika juga tak hanya menekankan wajib lapor harta kekayaan kepada para pejabat PNS saja, pemimpin dan komisaris BUMD juga harus melaporkan, itu sudah diatur dalam undang-undang, tegas dia.

Andhika menegaskan, pihaknya memberikan tenggat masa sebelum tanggal 31 maret 2019. Dia menganjurkan, pelaporan LHKPN bisa dilakukan mulai awal maret ini. Sebab, pelaporan yang dilakukan mendekati masa tenggat acap kali bermasalah karena seluruh pejabat di Indonesia ramai-ramai melaporkan harta kekayaan.

Kepala Bidang Mutasi dan Pengembangan Karir Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur Kota Bogor, Evandy Dahni menambahkan, semua sudah sesuai dengan Perwali 51 tahun 2017, tentang pejabat di lingkup Pemerintah Kota Bogor wajib Melaporkan LHKPN.

"Ada juga yang baru masuk wajib LHKPN, jadi mungkin belum pada paham. Untuk pelaporan melalui e-LHKPN memang baru dilakukan dua tahun terakhir," ujar Evandy.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat meminta, agar para pejabat tidak menutupi harta kekayaannya karena melaporkan harta kekayaan merupakan upaya kepatuhan penyelenggara negara. "Seiring mimpi kami di RPJMD, jadi birokrat yang bersih. Maka dari itu, saya ingatkan agar semuanya patuh, silahkan laporkan harta kekayaannya. Kami juga sediakan pendampingan jika pejabat tidak melaporkan secara elektronik." tuturnya.

Selama ini, Ade melihat transparansi pemasukan dan pengeluaran pejabat di Pemkot Bogor sudah sangat baik. Mayoritas pemasukan dan pengeluaran pejabat sekarang dipermudah dengan menggunakan sistem nontunai, sehingga semuanya tercatat di perbankan.

Sumber : Radar Bogor hlm. 10

KOMEN

Nama

Acara,76,Artikel,38,Berita,430,Budaya,7,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,81,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Ko,1,Kota,150,Kriminal,26,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,56,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Pejabat Pemkot Bogor Tak Transparan?
Pejabat Pemkot Bogor Tak Transparan?
https://4.bp.blogspot.com/-i6KSLGhvtQc/XH9aN61Gg4I/AAAAAAAAELU/Hm3ydi2FVLMr14d5xhGAsa6vm9YYVzQcgCLcBGAs/s640/Pejabat%2BPemkot%2BBogor%2BTak%2BTransparan.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-i6KSLGhvtQc/XH9aN61Gg4I/AAAAAAAAELU/Hm3ydi2FVLMr14d5xhGAsa6vm9YYVzQcgCLcBGAs/s72-c/Pejabat%2BPemkot%2BBogor%2BTak%2BTransparan.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/03/pejabat-pemkot-bogor-tak-transparan.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/03/pejabat-pemkot-bogor-tak-transparan.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin