Tingkatkan Produksi Pertanian Dengan Alsintan Transplanten

BAGIKAN

Salah satu hal yang terus diupayakan yaitu melalui bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang modern dan baru bagi kelompok tani untuk mengolah lahan pertanian dengan hasil optimal mulai dari tahap penyiapan lahan, penggarapan lahan, tanam, panen, sampai musim panen.


Sumber Foto : Tribunews
Saat ini pihak Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) sedang terus berupaya untuk meningkatkan produksi hasl pertanian untuk mencapai kedaulatan pangan yang selama ini ingin dicapai. Salah satu hal yang terus diupayakan yaitu melalui bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang modern dan baru bagi kelompok tani untuk mengolah lahan pertanian dengan hasil optimal mulai dari tahap penyiapan lahan, penggarapan lahan, tanam, panen, sampai musim panen.

Dengan mesin transplanter baru hal ini akan menjadi salah satu alsintan yang dikenalkan oleh Kementan kepada para petani Indonesia dalam rangka modernisasi bidang pertanian. Menggunakan mesin ini maka petani membutuhkan tenaga yang lebih sedikit untuk menanam padi dan cukup praktis juga mudah.

Bahkan, mesin transplanter ini bisa menentukan jarak antar tanaman padi sehingga memungkinkan untuk tumbuh dengan hasil yang optimal. Kemudian kemudahan apalagi yang bisa didapatkan dengan menggunakan mesin transplanter?.

" Dengan perkembangan zaman membuat tidak banyak lagi buruh tani yang tersisa, karena petani mulai beralih dengan pekerjaan lain bahkan ada yang mencoba keberuntungan ke kota seperti Jakarta". Sedangkan di Indonesia, pemilik sawah masih begitu banyak. Kemudian masalah datang ketika musim tanam tiba. Para petani dan pemilik lahan tidak memiliki sumber daya manusia yang mencukupi untuk membantu proses penanaman padi di sawah," jelas Dirjen PSP Sarwo Edhy, Jumat (19/4).

Namun, dengan adanya kehadiran mesin transplanter ini, hal tersebut bisa diatasi. Petani tidak perlu lagi bingung dengan masalah kekurangan tenaga karena bisa dilakukan dengan otomatis menggunakan mesin ini. Rice transplanter bisa menanam padi secara otomatis pada lahan luas yang sudah disiapkan sebelumnya.

"Mesin ini juga dapat bekerja dalam waktu yang sangat cepat dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia. Dengan menggunakan mesin ini, petani tentu dapat diuntungkan karena pekerjaan bisa selesai secara lebih cepat dan praktis," jelasnya.

Keunggulan mesin transplanter ini juga untuk membantu petani menanam padi yang seharusnya tidak diragukan lagi. Dikarenakan, alsintan andalan Kementan ini mampu memperkirakan jarak yang tepat antar padi untuk tumbuh.

Mesin transplanter menerapkan jarak antaranya 20x25 cm, lebih sempit daripada apabila ditanam dengan cara manual yang membutuhkan jarak 30x30cm. Dengan jarak yang lebih sempit maka tentu bisa meningkatkan efektivitas lahan karena memungkinkan lebih banyak padi yang bisa ditanam.

"Jarak penanaman yang lebih presisi untuk dilakukan dengan transplanter, juga memiliki efek yang baik bagi tanaman padi. Padi yang ditanam dengan jarak yang sama, membuat tanaman ini untuk tumbuh lebih tinggi. Di samping itu, padi menjadi lebih tahan terhadap hama apabila dibandingkan penanaman secara manual," ungkap Sarwo Edhy.

Awal alsintan ini dikenalkan oleh Kementan kepada petani untuk mempermudah proses produksi padi, masih banyak yang bingung mengenai cara penggunaannya. Jenis mesin transplanter ini begitu mudah dalam operasionalnya. Karena petani tidak perlu butuh banyak waktu untuk menanam padi di sepetak sawah.

"Cukup hanya melakukan pembibitan dalam baki yang sudah tersedia pada mesin transplanter, hingga menghasilkan gulungan bibit padi yang siap tanam," jelasnya.

Berikutnya, letakkan bibit padi di atas mesin. Kemudian hanya perlu menjalankan mesin agar padi tertanam secara otomatis. Tentu saja cara modern berikut dalam menanam padi sangat menghemat waktu juga biaya.

"Saat ini sudah banyak petani yang mengatakan bisa panen setelah 90 hari, jika menggunakan cara manual atau tradisional memakan waktu 95 hari untuk memanen. Untuk biaya pengurusan lahan hingga bisa dihemat sampai 50%," ungkapnya.


KOMEN

Nama

Acara,85,Artikel,39,Berita,459,Bogor,2,Budaya,7,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,83,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,155,Kriminal,33,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,miras,1,Peluang Usaha,17,Pemerintah,60,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Tingkatkan Produksi Pertanian Dengan Alsintan Transplanten
Tingkatkan Produksi Pertanian Dengan Alsintan Transplanten
Salah satu hal yang terus diupayakan yaitu melalui bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang modern dan baru bagi kelompok tani untuk mengolah lahan pertanian dengan hasil optimal mulai dari tahap penyiapan lahan, penggarapan lahan, tanam, panen, sampai musim panen.
https://1.bp.blogspot.com/-s_f_GrSn-IY/XL01QGiEBJI/AAAAAAAAAUo/-py1Xhf-ALs9arXY3x-E02SXWRo37FRgQCLcBGAs/s640/Sawah%2B.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-s_f_GrSn-IY/XL01QGiEBJI/AAAAAAAAAUo/-py1Xhf-ALs9arXY3x-E02SXWRo37FRgQCLcBGAs/s72-c/Sawah%2B.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/04/tingkatkan-produksi-pertanian-dengan.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/04/tingkatkan-produksi-pertanian-dengan.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin