Stadion Pakansari Bakal Diajukan Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia

Sumber Foto : Brilio

Piala Dunia merupakan ajang perhelatan internasional dalam dunia sepak bola. Yang tentunya menjadi salah satu pertandingan para juara, banyak negara yang berupaya untuk menjadi tuan rumah bagi piala dunia beberapa tahun kedepan. Nah, tidak menutup kemungkinan Indonesia juga bisa menjadi salah satu bagian tersebut.

Menurut info ada dari delapan stadion bertaraf internasional yang akan diajukan oleh PSSI untuk menjadi tuan rumah piala dunia, salah satunya adalah Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor.

Pasalnya, menurut PSSI memiliki banyak opsi stadion bertaraf internasional untuk mengajukan sebagai tuan rumah piala dunia. Dan di antaranya yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Patriot Candrabhaga, Stadion Pakansari Cibinong, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Dari beberapa stadion tersebut dianggap layak juga dinilai memiliki standar dan acuan yang sudah memadai. Hanya tinggal perubahan atau renovasi apabila memang Indonesia bisa menjadi tuan rumah piala dunia kelak.

Seperti contoh stadion Si Jalak Harupat, Stadion Jatidiri, Stadion Manahan, Stadion Mandala Krida, Stadion Gelora Bumi Sriwijaya, Stadion Papua Bangkit, dan Stadion Batakan. Dari semua itu masih ada beberapa stadion lain yang memiliki standar berkualitas internasional.

“Karenanya kami akan segera putuskan delapan stadion terbaik menurut hasil penilaian. Bukan hanya standarnya yang internasional, namun juga dapat memiliki pengalaman event internasional juga memiliki fasilitas penunjang di sekitarnya,” jelas Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria seperti dikutip dari beberapa media.

PSSI sendiri secara resmi telah mengajukan dari delapan stadion untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 2021 ke FIFA. Namun, PSSI belum menyebutkan stadion - stadion mana saja yang sudah diajukan ke FIFA untuk menjadi pilihan pada piala dunia.

Seperti diketahui, Indonesia juga bersama negara Brasil dan Peru mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah pada event Piala Dunia U-20 2021. Indonesia juga menegaskan akan mendaftarkan diri sesegera mungkin dan secepatnya agar pengajuan bisa disetujui dengan syarat yang sudah akan diajukan.

PSSI merasa yakin jika FIFA bisa melirik niat baik Indonesia untuk piala dunia U-20 2021 mendatang. Apalagi, Indonesia baru saja sukses menggelar beberapa ajang akbar termasuk Asian Games 2018 kemarin.

“Dengan beberapa pengalaman penyelenggaraan event internasional seperti Asian Games, Piala Asia, dan Piala AFF, juga ditambah dengan animo masyarakat akan terus mendukung dan turut mensukseskan ajang tersebut. Maka PSSI memiliki keyakinan Indonesia akan mampu melangkah ke level berikutnya,” ungkap Ratu Tisha Destria dalam rilis resminya.

Demikian juga PSSI akan bersaing dengan negara Brasil dan Peru untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Disisi lain ada proposal menjadi tuan rumah lebih dari satu negara seperti Bahrain, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Disusul kemudian negara Myanmar dan Thailand juga turut mengajukan menjadi tuan rumah piala dunia.

Namun, dengan optimisme PSSI bisa menjadi tuan rumah mendatang. Maka seluruh syarat juga penilaian akan tetap dijaga dan dibenahi agar perhelatan piala dunia U-20 2021 mendatang bisa diselenggarakan di Indonesia. Apabila event tersebut memang bisa direalisasikan di Indonesia, maka begitu banyak antusias masyarakat untuk mendukung juga mensukseskan pertandingan bola dunia seperti event sebelumnya.

Apalagi bola dianggap menjadi salah satu olahraga masyarakat di Indonesia yang memang sangat digemari. Fan fanatik bola di tanah air akan menunggu adanya perhelatan dunia ini, dan apabila memang bisa tercapai maka akan ada banyak PR untuk membenahi tidak hanya sarana juga penunjang lain seperti keamanan, fasilitas dan sebagainya.

0 Komentar