Sepekan Lebaran Harga Cabai Masih Melejit!

Sumber Foto : Radar Bogor

Seusai sepekan hari Lebaran, harga - harga kebutuhan pokok dan juga sayur mayur di Kota Bogor belum juga turun sampai saat ini. Sebagian ada yang cenderung naik sejak dua pekan menjelang Lebaran.

Seperti cabai misalnya. Dari hasil pantauan beberapa Pasar di Bogor, khusus harga cabai yang naik sejak dua pekan menjelang lebaran sampai kemarin masih di kisaran harga Rp38 sampai 45 ribu per kilogramnya.

Contoh seperti harga cabai keriting, naik menjadi Rp45 ribu yang sebelumnya masih di harga Rp40 ribu per kg. Begitu juga dengan cabai merah biasa, malah naik menjadi Rp38 ribu per kg. Padahal, sebelumnya harga berada di kisaran Rp35 ribu per kg.

Sedangkan, untuk cabai rawit dijual dengan harga Rp35ribu per kg, sebelumnya hanya Rp24 ribu. Berbeda dengan harga cabai jablay yang turun menjadi Rp32 ribu dari Rp38ribu per kg.

Sementara itu untuk harga bawang putih, yang sempat tinggi selama tiga pekan saat bulan puasa, masih bertahan dengan harga yang turun di pekan keempat puasa, yaitu sebesar Rp45ribu per kg. Sedangkan bawang merah naik dari Rp35 ribu menjadi Rp38 ribu per kg.

Kenaikan harga sayuran tersebut dibenarkan salah seorang pedagang di Pasar Bogor, Gopal (21).

Menurutnya, kenaikan harga disebabkan adanya penahanan stok barang yang dilakukan para petani menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah 2019.

Akibat dari penahanan stok tersebut, maka para pedagang di Pasar Bogor kewalahan untuk mendapatkan bahan - bahan kebutuhan sayuran dan sebagainya.

“Sampai hari ini belum ada penurunan harga yang signifikan, karena stok yang dijual terbatas” jelas Gopal, saat ditemui di lapaknya di Pasar Bogor, Selasa (11/6/2019).

Lebih rinci, Gopal juga menyebutkan, harga cabai keriting naik menjadi Rp45 ribu yang sebelumnya dijual Rp40 ribu per kg. Lalu cabai merah besar, sebelumnya Rp35 ribu kini menjadi naik menjadi Rp38 ribu per kg.

Bahkan, kenaikan harga juga terjadi pada cabai jenis rawit hijau dengan harga jual per kilonya bisa mencapai Rp35 ribu, sebelumnya dikisaran harga Rp24 ribu.

“Berbeda dengan cabai jablay, dari harga Rp38 ribu menjadi Rp32 ribu per kilo,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, Tedy Sutiadi membenarkan jika terjadinya kenaikan harga bahan pokok masyarakat di Pasar Bogor pada 11 Juni sampai saat ini.

Naik dan turunnya harga sembako, dilihat berdasarkan dari Laporan dan Perkembangan Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat di Kota Bogor sekitarnya.

“Seperti perkembangan dari harga bahan pokok Pasar Bogor dan Pasar Anyar,” jelas Tedy, kemarin.

Adapun berdasarkan catatan pelaporan perkembangan harga bahan pokok masyarakat yang dijelaskan oleh Tedy, terlihat kenaikan harga terjadi pada cabai merah jenis biasa dan juga cabai besar dengan harga Rp35 ribu menjadi Rp45 ribu per kilo.

Untuk cabai rawit merah turun per kilo dari Rp40 ribu menjadi Rp36 ribu. Sementara, bawang merah masih stabil dengan harga per kilo Rp35ribu. Untuk bawang putih turun dari Rp50ribu menjadi Rp35 ribu per kilonya.

Berikut Harga Cabai di Pasar Bogor

Cabai Keriting
  • Harga lama Rp40 ribu/Kg
  • Harga baru Rp45 ribu/Kg
Cabai Merah Besar
  • Harga lama Rp35 ribu/Kg
  • Harga baru Rp38 ribu/Kg
Cabai Rawit
  • Harga lama Rp35 ribu/Kg
  • Harga baru Rp24 ribu/Kg
Cabai Jablay
  • Harga lama Rp38 ribu/Kg
  • Harga baru Rp32 ribu/Kg
Bawang putih
  • Harga lama Rp50 ribu/Kg
  • Harga baru Rp45 ribu/Kg
Bawang merah
  • Harga lama Rp35 ribu/Kg
  • Harga baru Rp38 ribu/Kg

0 Komentar