Coran Tiang Penyangga Tol BORR Ambruk, Parung Macet!

Sumber Foto: Radar Bogor

Hari ini sekitar pukul 05.15 WIB telah dilakukan pengecoran beton di lokasi Proyek Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A (Simpang Yasmin- Simpang Semplak) arah menuju Parung, tepatnya di jalan Pier 10 di depan Perumahan Taman Sari Persada, Kota Bogor.

Namun, disayangkan terjadi peristiwa ambruknya coran beton di lokasi Proyek Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIi A, Rabu (10/7/2019) yang mengakibatkan dua orang pekerjanya menjadi korban.

Beruntung korban tersebut hanya mengalami luka ringan dalam insiden pembangunan jalan tol yang melintas mulai dari simpang Yasmin menuju simpang Semplak itu.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, sebanyak dua orang pekerja hanya mengalami luka ringan akibat terkena material,” jelas Direktur Utama (Dirut) PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Armodjo kepada wartawan.

Kasubag Humas Polresta Bogor Kota AKP Silfia menjelaskan, bahwa korban luka - luka diketahui berinisial Acil dan Hanif.

Saat peristiwa terjadi, kedua pemuda berusia 25 tahun itu sedang berada di atas tiang yang sedang dilaksanakan proses pengecoran.

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang telah mengoperasikan Jalan Tol BORR Hendro Atmodjo menjelaskan, saat proses pengecoran penyangga tol beton berjalan, balok penyangga (formwork/cetakan Pier Head) tidak kuat menahan sehingga melengkung dan mengakibatkan beton tumpah ke jalan arteri yang berada di bawahnya.

“Peristiwa tersebut terjadi saat pengecoran pada Truck Mixer yang ke 22 dari total rencana 25 Truck Mixer. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya dua orang pekerja mengalami luka ringan akibat material dan saat ini sudah dalam perawatan,” ungkap Hendro dalam keterangan tertulisnya.

Demi keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan, pihak PT MSJ telah menghentikan pekerjaan sementara untuk mengevaluasi metode pelaksanaan proyek secara menyeluruh bersama Kontraktor PT PP (Persero) Tbk dan Konsultan PT Indec KSO sehingga kejadian yang sama tidak akan terjadi di waktu mendatang.

“Saat ini kami juga sudah bekerjasama dengan Kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan yang menuju arah Parung dialihkan ke Simpang Yasmin lalu ke Simpang Semplak/Atang Sanjaya, begitupun sebaliknya. Kami menargetkan siang hari ini arus lalu lintas diupayakan dapat berfungsi normal kembali,” jelas Hendro.

Untuk mengidentifikasi lebih lanjut mengenai penyebab terjadinya insiden ini, tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) akan melakukan peninjauan kembali ke lokasi proyek yang berada di Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin- Simpang Semplak).

KKJTJ akan melakukan penelitian juga mengevaluasi dari penyebab peristiwa ini. Nantinya hasil evaluasi tersebut akan diaplikasikan dalam metoda kerja sehingga kejadian yang sama tidak akan terulang lagi dan menjaga keamanan bagi pekerja dan juga pengguna jalan.

Jasa Marga dan PT MSJ juga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat kejadian ini. Jasa Marga dan PT MSJ juga akan terus melakukan tindakan pencegahan dan korektif dengan tetap mengedepankan unsur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta evaluasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Saat ini juga pihak kepolisian masih melakukan tempat kejadian perkara (TKP) untuk memastikan tidak ada korban lainnya. Karena kemungkinan itu ada walau bukan para pekerja proyek.

“Tidak menutup kemungkinan masih adanya korban dari warga yang melintas atau pekerja lainnya,” jelasnya. Daerah tersebut harus diamankan terlebih dahulu sehingga apabila ada korban lain akan segera dievakuasi.

0 Komentar