Tahun 2023 Kereta Bogor Bandung Akan Bisa Dinikmati - Bogor Channel

Tahun 2023 Kereta Bogor Bandung Akan Bisa Dinikmati

Sumber Foto: Radar Bogor

Gencarnya pemerintah Bogor dalam memperbaiki dan memberikan pelayan publik seperti transportasi untuk umum mulai dibangun tahun ini. Sebelumnya sudah ada rencana kota Bogor bakal ada LRT, Trem bahkan peningkatan rute kereta api juga akan ditambah.

Rencana penambahan jalur kereta api tidak hanya pada daerah Sukabumi dan sekitarnya saja, namun kelak di tahun 2023 rencananya kereta dengan rute Bogor akan sampai kepada jalur Bandung. Tentu saja hal ini akan memberikan keuntungan yang besar bagi masyarakat Bogor sekitarnya.

Tidak perlu menggunakan transportasi seperti bus atau travel, dengan kereta saja sudah bisa menempuh perjalanan ke Bandung, ditambah tidak terhambat karena kemacetan di jalan raya.

Pemerintah pusat saat ini memang sedang berupaya menghidupkan kembali jalur kereta api yang mati atau reaktivasi di Jawa bagian selatan. Jika sesuai rencana, kelak jalur kereta Bogor bisa menyambung sampai ke stasiun Bandung.

Kepala Balai Teknis Perkere­taapian Wilayah Jawa Bagian Barat, Kementerian Perhu­bungan (Kemenhub), Achyar Pasaribu, menerangkan di bebe­rapa jalur saat ini sudah ber­hasil direaktivasi, contoh salah satunya yaitu jalur Cianjur - Ciranjang.

”Jalur Cianjur - Ciranjang sudah kami operasikan, 2018 kami bangun sepanjang 15 km. Dan Cianjur - Ciranjang sudah mulai jalan kereta­nya,” jelasnya dalam perjalanan meninjau operasi kereta Ci­anjur - Ciranjang, Senin (26/8).

Pada tahun ini, pemerintah juga mulai akan membuka jalur dari Ci­ranjang sampai Cipatat. Ke­reta juga ditargetkan beroperasi di awal tahun 2020.

”Kemudian 2019 kami sedang membangun kembali jalur dari Ciranjang sampai Cipatat, sepanjang 15 km juga. Itu kami targetkan pada akhir tahun ini rampung. Awal tahun depan bisa beroperasilah. Kami akan sambung,” ceritanya.

Setelah itu, dari jalur Cipatat akan disambung ke rute Padalarang. Namun meng­ingat jalur yang eksisting curam maka akan dibuat semacam shortcut menuju jalur Cilame.

”Kemudian dalam rangka menembus rute Bandung, dari Cipatat akan kami buat shortcut dari Cipatat sampai Cilame. Cilame stasiun yang dilewati Argo Parahiyangan sekarang. Ke­napa tidak sampai Padalarang ke jalur eksisting, karena dari arah Cipatat sampai Padalarang jika lewat jalur eksisiting terlalu curam,” ungkapnya.

Dengan begitu, kelak jalur selatan yakni Bogor - Sukabumi - Cianjur-Ciranjang - Cipatat - Cilame - Bandung. ”Target kita tahun 2023 - 2024 tembus Bandung, dari Bogor. Itu tergantung PT KAI mengoperasikan kereta apinya. Tapi jalurnya sudah tersambung,” jelasnya.

Hal tersebut tentu banyak berdampak positif, karena masyarakat yang tadinya tidak terjangkau dengan menggunakan kereta. Sekarang sudah bisa mengakses kereta mudah, karena sudah beberapa stasiun yang dibangun sesuai dengan jalurnya.

Selain itu juga perencanaan untuk membuka beberapa jalur kereta, yang pada tahun 2023 kelak bisa mencapai jalur ke Bandung. Maka pemerintah akan mempersiapkan beberapa jalur juga membuka stasiun baru untuk mencapai sampai ke Bandung.

Dengan adanya rute baru ini, maka tujuan ekonomi, wisata dan sebagainya dapat dimanfaatkan dengan fasilitas yang mudah. Masyarakat juga bisa menikmati jalur kereta yang menyambungkan antara Bogor dan Bandung, juga sebaliknya.

Di masa yang akan datang tentu saja kota Bogor akan semakin lebih maju, berkembang dan modern. Hal inilah yang menjadi target pemerintah guna memajukan fasilitas juga infrastruktur di kota hujan ini. Memberikan pelayanan serta fasilitas terbaik demi kenyamanan masyarakat Bogor sekitarnya.

Juga memberikan hal positif bagi wisata juga ekonomi di Bogor, karena dengan mudahnya fasilitas transportasi maka banyak pengunjung yang kelak bisa mondar mandir untuk menikmati keindahan juga wisata di Bogor.

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda