12 Negara Kumpul di Bogor Bahas Pengendalian Tembakau

BAGIKAN

Aliansi kota Asia Pasifik untuk pengendalian tembakau dan pencegahan penyakit yang tidak menular (Asia Pacific Cities Alliance for Tobacco Control and NCDs Prevention/APCAT) menggelar konferensi ke-4 di Kota Bogor.

Helatan yang berlangsung dari 25-26 September 2019, dihadiri para kepala daerah dari 12 negara ini dilangsungkan di Hotel Grand Savero, Kota Bogor.

Delegasi yang hadir terdiri dari 47 kepala daerah. Selain Indonesia, hadir pula dari Malaysia, Singapura, Kamboja, Bangladesh, India, Laos, Myanmar, Nepal, Filipina, Timor Leste dan Vietnam. Ada juga anggota parlemen, pejabat pemerintah nasional, subnasional, komunitas, organisasi, akademisi, dan media. 

Konferensi akan memiliki sesi interaktif, menyediakan platform untuk pertukaran pengetahuan, berbagi praktik terbaik dan tindakan untuk memerangi tembakau dan epidemi penyakit tidak menular. 

APCAT Summit akan bertindak untuk membuat dan menerapkan kebijakan pengendalian tembakau komprehensif dengan penggunaan sumber daya yang efektif di tingkat nasional dan subnasional.

“APCAT bertujuan untuk membangun program pengendalian tembakau dan penyakit tidak menular (NCD) yang kuat melalui komitmen politik, peluang kemitraan baru, pemanfaatan sumber daya yang berkelanjutan dan efektif, serta kinerja sistem kesehatan publik yang lebih kuat dan efektif,” ujar Wali Kota Bogor Bima Arya, Rabu (25/9/2019).

Dipilihnya Kota Bogor sebagai tuan rumah, sebab kota hujan merupakan kota yang pertama memiliki Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok (Perda KTR) yang menjadi payung hukum bagi proses pengendalian tembakau di Bogor.

Kota Bogor juga merupakan kota pertama dalam melakukan pelarangan iklan-iklan rokok di ruang-ruang publik. Meskipun kebijakan ini dinilai berpotensi mengurangi Pendapatan Asli Daerah, kebijakan ini terhitung sukses dalam menekan pertumbuhan rokok di kalangan pemula serta tidak berpengaruh pada PAD kota Bogor.

Perwakilan Union Against Tuberculosis and Lung Disease (The Union) Fauzi Ahmad Noor mengatakan, ada 175 delegasi dan partisipan dari luar dan dalam negeri yang hadir dalam 4th APCAT Summit di Kota Bogor. 

Para delegasi dari kota dan negara yang berpartisipasi akan berbagi pengalaman dan pelajaran yang dipelajari dalam pencegahan NCDs dan pengendalian tembakau. 

“Konferensi akan call to action yang meliputi review serta menerapkan best practice WHO dalam pengendalian NCD dan tembakau, menerapkan kebijakan terbaik dalam pengendalian tembakau dan mengukur dan mengevaluasi kemajuan, sehingga dapat memantau hasil dari implementasi dari intervensi,” ujar Fauzi.

The Union merupakan mitra dari Kementerian Kesehatan RI yang aktif terlibat dalam pengendalian rokok, khususnya pada pengembangan regulasi dan implementasi kawasan Tanpa Rokok serta pengendalian iklan-sponsorship rokok di kabupaten/kota melalui aliansi bupati/wali kota peduli KTR.

Artikel ini sudah Terbit di AyoBogor.com, dengan Judul 12 Negara Kumpul di Bogor Bahas Pengendalian Tembakau, pada URL https://www.ayobogor.com/read/2019/09/25/4534/12-negara-kumpul-di-bogor-bahas-pengendalian-tembakau

Penulis: Husnul Khatimah
Editor : Ananda Muhammad Firdaus

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,61,Berita,1162,Budaya,19,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,165,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,265,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,70,Pemkot,8,Pengumuman,46,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,8,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: 12 Negara Kumpul di Bogor Bahas Pengendalian Tembakau
12 Negara Kumpul di Bogor Bahas Pengendalian Tembakau
https://1.bp.blogspot.com/-tFutE_erqe0/XYxowohy7vI/AAAAAAAAEZo/H9gN-8g9gWwQZPuFNif19txEPdShVFuzwCLcBGAsYHQ/s640/12%2BNegara%2BKumpul%2Bdi%2BBogor%2BBahas%2BPengendalian%2BTembakau.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tFutE_erqe0/XYxowohy7vI/AAAAAAAAEZo/H9gN-8g9gWwQZPuFNif19txEPdShVFuzwCLcBGAsYHQ/s72-c/12%2BNegara%2BKumpul%2Bdi%2BBogor%2BBahas%2BPengendalian%2BTembakau.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/09/12-negara-kumpul-di-bogor-bahas.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/09/12-negara-kumpul-di-bogor-bahas.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin