Akses Bagi Pelamar, Portal Bogor Kerja Disnakertrans Kota Bogor

Sumber Foto: https://info-lokers-terupdate.blogspot.com

Bagi kamu yang saat ini sudah menyelesaikan pendidikan, baik itu tingkat menengah dan juga kuliah. Dan bingung mencari pekerjaan yang khususnya berlokasi di Bogor dan sekitarnya. Saat ini tidak peru kuatir karena situs mencari lowongan pekerjaan sudah mulai bisa di akses. Situs yang dibuat oleh pemerintah Bogor dalam membantu tenaga kerja yang membutuhkan pekerjaan. 

Karena itu para pencari kerja (Pencaker) di Kota Bogor tidak perlu khawatir lagi untuk mendapat pekerjaan.

Dikarenakan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bogor telah menghadirkan inovasi bagi para pencari kerja, yaitu adanya sebuah portal yang dapat menghubungkan antara pencari kerja dengan perusahaan yang diinginkan.

“Program yang kami beri nama Bogor Kerja, diciptakan untuk menekan angka pengangguran,” ujar Kepala Disnakertrans Kota Bogor Samson Purba kepada media kemarin, Senin (28/10/2019).

Samson yang menjelaskan jika program yang diluncurkan sejak Januari 2019 ini cukup menyedot banyak pencari kerja. Hampir 10 bulan berjalan, pengunjung portal https://bogorkerja.kotabogor.go.id mencapai ribuan pengguna. “Portal sudah dikunjungi lebih dari 4.000 pencari kerja,” jelasnya.

Samson mengungkapkan ada lebih dari 40 perusahaan se-Kota Bogor, yang memasang informasi mengenai lowongan kerja (Loker) di dalam portal tersebut.

Perusahaan yang juga bukan perusahaan sembarangan apalagi abal-abal. Sebab harus terverifikasi oleh pihaknya. Sehingga para pencaker tidak perlu khawatir atau takut dalam mencari lowongan kerja.

“Perusahaan tentu harus sudah melalui proses verifikasi dan survei alias bukan perusahaan abal-abal atau fiktif, sehingga para pencaker tidak perlu ragu untuk melamar kerja di website Bogor Kerja,” ungkapnya.

Bukan hanya perusahaannya saja, ungkapnya dia, pendaftaran diri juga berlaku bagi para pencari kerja. Sebab untuk melihat loker harus memiliki akun dalam situs tersebut.

Jika menemukan perusahaan yang tepat, maka para pencari kerja cukup menyiapkan dokumen serta persyaratan yang dibutuhkan perusahaan untuk diunggah sebagai lamaran kerja.

“Selanjutnya dokumen seperti lamaran kerja, CV dan lainnya bisa di unggah ke perusahaan yang dituju, setelah sukses diunggah maka perusahaan dapat langsung memeriksanya,” jelas Samson.

Berdasarkan hasil evaluasi, Samson mengakui jika banyak para pencari kerja yang diterima perusahaan melalui laman resmi tersebut. Karena informasi loker selalu diperbaharui setiap harinya.

“Perusahaan juga diwajibkan untuk melaporkan kepada kami jika ada pegawai yang diterima,” jelasnya.

Hal tersebut bertujuan agar daftar dalam situs tersebut tetap up date dan bisa memonitor jika lowongan tersebut sudah diisi oleh pelamar yang dibutuhkan. 

Untuk semakin memudahkan masyarakat, Samson akan terus menyempurnakan portal tersebut. Salah satunya dengan membuat versi aplikasi pada gadget dan bisa diakses melalui sistem operasi Android.

“Kami sangat berharap website Bogor Kerja ini bisa dimanfaatkan para pencaker dan perusahaan dalam penurunan angka pengangguran di Kota Bogor,” ungkapnya.

Semoga hal tersebut bisa memberikan kontribusi dalam membantu pencari kerja untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan yang diinginkan. Dan juga menghindari adanya penipuan yang dibuat oleh oknum tidak bertanggung jawab dan tentu bisa merugikan pencari kerja.

Dan juga bagi pihak pemerintah Bogor untuk tetap memberikan support dalam hal menurunkan tingkat pengangguran di masa mendatang. Karena situs seperti ini sangat bermanfaat untuk menyalurkan informasi yang benar dan bisa dijadikan sebagai acuan bagi pelamar dalam hal mencari pekerjaan, baik di Bogor dan juga wilayah lain di Indonesia.

0 Komentar