Puluhan Warga Bogor dan Depok Terjangkit Hepatitis A, Kemenkes Belum Tetapkan Status KLB

BAGIKAN


Sumber Foto: radarbogor.id

Tidak hanya di Depok, puluhan warga Kabupaten Bogor juga dikabarkan terjangkit penyakit Hepatitis A. Namun, hingga kini baik di Kabupaten Bogor maupun Depok belum dinyatakan kasus ini sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Mike Suwardi kepada wartawan mengatakan, sebanyak 48 warga Kabupaten Bogor terpapar Hepatitis A.

Lokasi warga yang terjangkit hepatitis A tinggal di daerah Bojonggede yang berbatasan dengan Depok. “Data sementara yang terangkum 48 orang terjangkit Hepatitis A,” ujar Mike Suwardi.

Puluhan warga yang terjangkit Hepatitis A merupakan santri di sejumlah pondok pesantren di Bojonggede. “Kita melakukan pemeriksaan laboratorium untuk menguji apakah betul Hepatitis A,” terangnya.

Sementara itu puluhan siswa dan guru di Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok, Jawa Barat, juga terserang hepatitis A. Meski begitu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) belum mau terburu-buru menyatakan kasus ini sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan, jajarannya masih melakukan upaya penanganan sekaligus pencegahan supaya penyebaran virusnya tidak semakin meluas.

“Tidaklah (belum KLB-red). Kami langsung bertindak. Kan jumlah tidak mempengaruhi itu. Kalau masih terlokalisir masih bisa kami tangani. Doakanlah mudah-mudahan, doakan di lingkungan Depok saja. Biar kami cepat bekerja,” ucap Terawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Berdasarkan data Kemenkes, jumlah korban terserang penyakit hepatitis A di Depok mencapai 72 orang. Saat ini Kemenkes mengoptimalkan pencegahan, di samping menindak lanjuti kasus yang sudah ada dengan intervensi-intervensi spesialistik.

“Hasil penelusuran yang dilakukan, penderitanya sebanyak 72 kasus. 38 laki-laki, 34 perempuan. Dan ini kasus hepatitis A yang dirawat sebanyak tiga orang. Sebagian berobat jalan dan istirahat di rumah, tidak masuk sekolah. Nah ini yang kami langsung pantau, langsung datang ke lokasi,” kata mantan kepala RSPAD Gatot Subroto ini.

Sumber: radarbogor.id

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,58,Berita,985,Budaya,16,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,124,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,202,Kriminal,61,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,66,Pemkot,8,Pengumuman,39,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Puluhan Warga Bogor dan Depok Terjangkit Hepatitis A, Kemenkes Belum Tetapkan Status KLB
Puluhan Warga Bogor dan Depok Terjangkit Hepatitis A, Kemenkes Belum Tetapkan Status KLB
Tak hanya di Depok, puluhan warga Kabupaten Bogor juga dikabarkan terjangkit penyakit Hepatitis A. Namun, hingga kini baik di Kabupaten Bogor maupun Depok belum dinyatakan kasus ini sebagai kejadian luar biasa (KLB).
https://1.bp.blogspot.com/-bJClorAw9PY/XdiMJ63rJ0I/AAAAAAAABNA/KBzk2_jiGPoavoC0DJcY_w5Q2GbUFAudgCLcBGAsYHQ/s640/radar2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-bJClorAw9PY/XdiMJ63rJ0I/AAAAAAAABNA/KBzk2_jiGPoavoC0DJcY_w5Q2GbUFAudgCLcBGAsYHQ/s72-c/radar2.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/11/puluhan-warga-bogor-dan-depok.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/11/puluhan-warga-bogor-dan-depok.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin