Jalan Tegar Beriman Jadi Sorotan, Banyak Aspalnya Terkelupas - Bogor Channel

Jalan Tegar Beriman Jadi Sorotan, Banyak Aspalnya Terkelupas


Sumber Foto: radarbogor.id

Kondisi di Jalan Tegar Beriman belakangan disoroti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bogor yang sudah seharusnya naik tingkat.

Apalagi setelah ada wacana pembangunan jalan baru Bojonggede-Cibinong, dan juga rencana tuan rumah Piala Dunia U-20.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan dan Pemeliharaan DPUPR Kabupaten Bogor, Nana Supriyatna peningkatan tersebut bukan hanya soal kualitas jalan.

“Tapi, peningkatan itu juga untuk pembangunan pedestrian (jalur pejalan kaki), drainase, dan juga jembatan penyeberangan orang (JPO). Kalau rencana peningkatan kualitas jalan dan pembangunan drainase saja itu Rp 77 miliar. Mau kita overlay,” beber Nana kemarin.

Overlay atau pengangkatan aspal yang lama dan menempel aspal yang baru perlu dilakukan mengingat kondisi Jalan Raya Tegar Beriman yang sudah tak lagi rata sepenuhnya.

Sedangkan, disamping itu, jika Pemkab ingin menambah pembangunan pedestrian dan tiga JPO, diperkirakan butuh tambahan dana puluhan miliar lagi.

Nana menjelaskan, saat ini baru hanya ada beberapa pedestrian di Jalan Raya Tegar Beriman yang sudah terbangun.

“JPO itu setidaknya kita bangun yang di depan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, karena memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan pembangunan pedesterian dan JPO ini mungkin nilainya akan bertambah hingga ratusan miliar rupiah,” terangnya.

Terpisah, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Nurodin sepakat jika memang ada itikad baik dari Pemkab untuk meningkatkan kualitas Jalan Raya Tegar Beriman. Mengingat, jalur utama ibukota Kabupaten Bogor tersebut sudah lama tak dilirik.

“Kan malu, karena kita sering menjadi tempat studi banding pejabat dari daerah lain. Selain peningkatan jalan, pembangunan JPO dan pedestrian juga sangat perlu karena memang itu hak masyarakat,” singkat mantan Kepala Desa Kiarasari tersebut.



Sumber: radarbogor.id

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda