Malam Tahun Baru, Kawasan Puncak Diprediksi Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem

BAGIKAN

Sumber Foto: radarbogor.id

Sebagian besar wilayah Bogor terutama kawasan Puncak, diprediksi akan dilanda cuaca ekstrem saat perayaan pergantian malam tahun baru 2019-2020. Cuaca ekstrem itu ditandai dengan hujan lebat, disertai angin gust dan kilatan petir.

Kepala Stasiun Klimatologi Citeko Asep Firman Ilahi menuturkan, berdasarkan pantauan Citra Satelit Cuaca milik BMKG, hari terakhir tahun 2019 atau tanggal 31 Desember, kawasan Puncak diguyur hujan mulai siang hingga malam hari. Sedangkan cuaca pada pagi hari umumnya akan cerah berawan.

“Potensi guyuran hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini akan terus bertahan hingga malam tahun baru, bahkan terjadi hingga dinihari,” katanya kepada radarbogor.id Jumat (27/12/2019).

Asep memaparkan, potensi hujan yang mengguyur pada malam pergantian tahun hingga hari pertama di tahun 2020, terjadi karena sebagian besar wilayah Jabodetabek hingga Jawa Barat, bahkan Indonesia, memasuki periode musim penghujan.

“Saat ini memang masuk periode musim hujan, dan puncak musim hujan diprediksi terjadi pada pertengahan Januari hingga awal Februari mendatang,” paparnya.

Ia menjelaskan berdasarkan pantauan dan prediksi BMKG dalam seminggu ke depan, aktifitas Monsun Asia sedang aktif. Sementara Monsun Australia melemah di Pulau Jawa. Sehingga ada potensi menjadi daerah belokan masa udara.

“Selain itu, adanya Siklon Tropis Phafone (970 hPa) di Perairan sebelah Barat Philipina, membuat potensi perlambatan masa udara dari Utara di daerah Selatan, sehingga berpotensi terjadinya pertumbuhan awan konvektif pada daerah-daerah pegunungan di pulau Jawa,” paparnya.

Ia menambahkan, dalam kondisi tersebut daerah pegunungan di Jawa Barat potensial terjadi cuaca ekstrim yang ditandai hujan dengan intensitas sedang-lebat, yang disertai angin kencang secara tiba-tiba (gust) serta sambaran kilat/petir.

“Dalam periode 28-30 Desember 2019 di kawasan Puncak dan sekitarnya, hujan berpeluang pada sore dan malam hari. Sementara tanggal 31 Desember 2019 – 2 Januari 2020 hujan berpeluang terjadi pada siang dan malam hari,” tuturnya.

Asep pun mengimbau, bagi masyarakat dalam mengisi liburan Natal dan Tahun Baru di Puncak agar tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi.

“Waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin kencang yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang dan roboh terutama pada jalan arteri,” pintanya.

Selain itu wisatawan pun diminta agar tidak berlindung di bawah pohon jika sedang terjadi hujan disertai kilat petir. Menghindari wisata sungai untuk menghindari terjadi arus deras ketika hujan. Juga waspada berwisata pada daerah dengan kemiringan lereng >45 derajat untuk menghindari longsor.

“wisatawan juga harus memperhatikan kondisi kendaraan ketika memacu kendaraan dalam keadaan hujan,” tukasnya.



Sumber: radarbogor.id

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,58,Berita,1073,Budaya,18,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,141,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,237,Kriminal,61,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,69,Pemkot,8,Pengumuman,41,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Malam Tahun Baru, Kawasan Puncak Diprediksi Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem
Malam Tahun Baru, Kawasan Puncak Diprediksi Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem
Sebagian besar wilayah Bogor terutama kawasan Puncak, diprediksi akan dilanda cuaca ekstrem saat perayaan pergantian malam tahun baru 2019-2020.
https://1.bp.blogspot.com/-jFDQk6xobxY/XgcGe_7oFlI/AAAAAAAABeo/xUXI5KKeL6kO-PJjVV5hXLhr4tvvjuAgQCLcBGAsYHQ/s640/radar7.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-jFDQk6xobxY/XgcGe_7oFlI/AAAAAAAABeo/xUXI5KKeL6kO-PJjVV5hXLhr4tvvjuAgQCLcBGAsYHQ/s72-c/radar7.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/12/malam-tahun-baru-kawasan-puncak.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/12/malam-tahun-baru-kawasan-puncak.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin