Banyak Temuan Benda Prasejarah di Gunung Kapur

BAGIKAN

`
Sumber Foto: radarbogor.id
Kawasan Gunung Kapur diproyeksikan menjadi tempat eco wisata alam oleh Batalyon 14 Grup 1 Kopassus. Rencana tersebut seiring dengan banyaknya temuan unik dan prasejarah, setelah mereka melakukan ekspedisi, tiga hari kemarin.

Komandan Batalyon 14 Grup 1 Kopassus, Mayor Inf Eko Hardianto mengatakan, ekspedisi tersebut dilakukan untuk lebih mengetahui potensi yang ada di Gunung Kapur Ciampea. Tak hanya prajurit Batalyon saja, mereka juga melibatkan relawan bela alam.

Tak pulang dengan kantong kosong, selama tiga hari melakukan ekspedisi, mereka pun banyak menemukan beragam potensi alam, yang berpotensi menjadikan kawasan tersebut menjadi wisata alam.

Temuan tersebut, kata Eko, seperti jalan pendakian menuju puncak Lalana. ”Kondisi kemiringan yang tinggi dan licin, jadi tantangan untuk yang hobi dengan pendakian,” katanya kepada Radar Bogor.

Dalam perjalanan ekspedisi hari pertama, mereka juga menemukan satu gua vertikal yang diperkirakan memiliki kedalaman kisaran 150 meter. ”Yang secara fisik terdapat beberapa lubang bibir goa,” ucapnya.

Dalam gua, ia menjelaskan, dijumpai beragam jenis binatang kecil yang dapat hidup tanpa sinar matahari. Di antaranya udang purba di kubangan air, ulat seribu kaki, dan keong pada dasar gua. ”Ada juga binatang yang hidup di celah batuan karst, yakni jangkrik dan laba-laba. Di permukaan goa, tim juga menemukan berbagai jenis binatang reptil,” ungkap Eko.

Lebih lanjut, ia menuturkan, ekspedisi terus berlanjut di hari kedua, tim kembali menemukan bukti sejarah peradaban manusia. Yakni ditemukan artefak arca tanpa kepala, dengan posisi bersila.

”Paling menarik itu kami temukan bongkahan batu gamping yang susunannya itu mirip fondasi tangga jalan setapak. Tapi tidak alami, sepertinya ada orang yang menyusunnya,” tuturnya.

Sementara hari terakhir, Eko dan timnya lebih melakukan eksplorasi flora dan fauna, termasuk potensi sumber daya alam yang lain.

Banyaknya penemuan yang harus dilindungi, membuatnya juga berencana mendirikan Tugu Pisau Ko­mando, sebagai tanda kalau kawa­san tersebut harus dijaga dan dilindungi. Hingga nantinya, orang tidak sembarangan untuk meman­faatkan atau mengeksploitasi potensi alam maupun sejarah yang ada di kawasan Gunung Kapur.

Ia juga meminta dukungan semua pihak, tanpa kecuali Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor dan masyarakat, untuk menjaga serta melindungi kawasan karst Gunung Kapur Ciampea itu.

Sumber: radarbogor.id

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,58,Berita,1084,Budaya,18,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,142,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,239,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,69,Pemkot,8,Pengumuman,41,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Banyak Temuan Benda Prasejarah di Gunung Kapur
Banyak Temuan Benda Prasejarah di Gunung Kapur
Kawasan Gunung Kapur diproyeksikan menjadi tempat eco wisata alam oleh Batalyon 14 Grup 1 Kopassus. Rencana tersebut seiring dengan banyaknya temuan unik dan prasejarah, setelah mereka melakukan ekspedisi, tiga hari kemarin.
https://1.bp.blogspot.com/-JWS1tL-gckw/Xi0KefgNYaI/AAAAAAAABto/NS6mwbYh_VYhizPmVcAWoB9IIcdpPqTtwCLcBGAsYHQ/s640/radar1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-JWS1tL-gckw/Xi0KefgNYaI/AAAAAAAABto/NS6mwbYh_VYhizPmVcAWoB9IIcdpPqTtwCLcBGAsYHQ/s72-c/radar1.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/01/banyak-temuan-benda-prasejarah-di.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/01/banyak-temuan-benda-prasejarah-di.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin