Gawat! Aliran Sungai Citarum Tercemar Limbah Pabrik

BAGIKAN

CEMARI CITARUM: Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur membawa contoh cairan limbah untuk diperiksa ke laboratorium di Bandung. Foto: Ist

Limbah dari PT Keintech di kawasan Mande diduga mencemari Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Harum. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur meminta agar aktivitas pabrik dihentikan sampai instalasi pengolahan air limbah dapat berfungsi dengan baik.

Kasi Penegakan Hukum Lingkungan DLH Kabupaten Cianjur, Dindin Solihin mengatakan, pihaknya mendapat fakta bahwa instalasi pengolahan air limbah PT Keintech sudah over kapasitas sehingga meluber dan langsung jatuh ke DAS Citarum.

“Selain IPAL (instalasi pengolahan air limbah) yang tak memenuhi syarat, mesin IPAL juga diketahui hanya dioperasikan seminggu sekali,” ujar Didin, (20/1) dikutip dari radarcianjur.com.

Ia menambahkan, pencemaran DAS Citarum ditemukan saat DLH melakukan pengawasan terhadap perusahaan yang memiliki limbah. “Setelah kami melakukan pengecekan, diketahui IPAL tak memenuhi syarat. Kami langsung kasih warning untuk memperbaiki,” tutur Dindin.

Dindin mengatakan, pihaknya diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan serta wajib untuk mengawasi. “Keintech hasil sidak masih luber IPAL-nya karena penampungannya kecil. IPAL-nya tak memenuhi syarat,” tegasnya.

Ia mengatakan, air limbah juga seharusnya bersih dan tak mengandung zat berbahaya. Untuk itu, airnya akan diperiksa ke laboratorium di Bandung.

Staf lapangan dari PT Keintech, Omad memaparkan, pihaknya menerima pemeriksaan dari Dinas Lingkungan Hidup. “Kami menerima pengawasan biasa dari lingkungan hidup, takutnya kami membuang limbah ke badan sungai. Mungkin ini pengaduan dari masyarakat, makanya kami diduga melakukan pembuangan limbah, setelah memeriksa mereka tak menemukan hal itu,” ujarnya.

(dil/radarcianjur)

Sumber: radarbogor.id

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,58,Berita,1073,Budaya,18,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,141,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,237,Kriminal,61,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,69,Pemkot,8,Pengumuman,41,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Gawat! Aliran Sungai Citarum Tercemar Limbah Pabrik
Gawat! Aliran Sungai Citarum Tercemar Limbah Pabrik
https://sgp1.digitaloceanspaces.com/radarbogor/2020/01/sungai-citarum-tercemar.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/01/gawat-aliran-sungai-citarum-tercemar.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/01/gawat-aliran-sungai-citarum-tercemar.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin