Pemkot Usulkan Akan Menambah RSUD

BAGIKAN

Pemerintah kota (Pemkot) bogor saat ini melakukan kajian untuk menambah satu rumah sakit umum daerah (RSUD). Rencananya, RSUD tersebut bakal dibangun di kawasan Mekarwangi, kecamatan Tanah sereal kota Bogor.

Pelaksanaan tugas (Plt.) Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Bowo Retno menjelaskan, saat ini kesehatan melakukan kajian untuk mempersiapkan RSUD baru tersebut. Setidaknya terdapat dua opsi untuk pembuatan RSUD baru, yani meningkatkan status dari puskesmas menjadi RSUD atau dengan membangun baru.

Menurutnya, berdasarkan kajian awal RSUD tersebut akan dibangun dengan naikkan status Puskesmas Mekarwangi. Sebab, di puskesmas tersebut telah memiliki layanan rawat inap. “kan tinggal dinaikkan statusnya, lokasinya sebelah Polsek Tanah sereal,” ucapnya.

Meski demikian, rencana tersebut masih membutuhkan kajian tindak lanjut untuk merealisasikan puskesmas tersebut. Sebab, dia menyatakan, untuk membangun RSUD baru memerlukan banyak perlengkapan. “kan banyak juga yang perlu disiapkan, SDM, sarana dan prasarana, jadi kelas D dulu," ucapnya.
Dikatakannya, RSUD baru tersebut harus pada peraturan menteri kesehatan (Permenkes) Nomor 3 tahun 2020 tentang Klasifikasi dan perizinan rumah sakit. Dalam Permenkes tersebut, kelas rumah sakit juga telah diatur. 

Untuk klasifikasi rumah sakit juga dilihat berdasarkan jumlah tempat tidur, untuk kelas D saja harus memiliki belum 50 tempat tidur.

Sri menyebut, untuk membuat RSUD baru tidak mudah. Sebab saat ini RSUD juga harus memperlihatkan layanan. ” itu juga berdasarkan hospital-value base berdasarkan kompetensi masing-masing,” ujarnya.

Di sisi lain, untuk mengubah status puskesmas Mekarwangi menjadi RSUD harus mempersiapkan pengganti puskesmas. Karena itu, akan banyak anggaran yang dikeluarkan proses tersebut. 

Berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor 2020, belum ada anggaran untuk menaikkan status puskesmas Mekarwangi menjadi RSUD baru. Namun, usulan 2020 Kota Bogor ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) setidaknya terdapat dua pengajuan untuk puskesmas Mekarwangi. 

Pertama, perencanaan rehab gedung puskesmas Mekarwangi dengan anggaran yang diajukan sebesar Rp. 1.095.000.000. Kedua, rehab gedung pusekesmas Mekarwangi Rp. 28.095.000.000.

Di tempat terpisah, walikota Bogor, Bima Arya menyatakan bahwa belum ada rencana pembangunan dalam RSUD baru dalam jangka dekat. Politisi PAN itu menjelaskan, saat ini masih mengosentrasikan fasilitas ruang rawat inap Gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor di Blok 3, yang baru saja diresmikan pada Januari lalu.

Namun, Bima mengakui, adanya pengembangan puskesmas Mekarwangi diajukan ke Pemprov Jabar. "Belum (pembangunan RSUD), tapi pengembangan ada, " kata Bima.

Bima juga kerap menyebutkan, pasien RSUD kota bogor hampir 60% pasien dari kabupaten bogor. Oleh karena itu, Pemkot akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas perbatasan.

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,64,Berita,1236,Budaya,20,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,187,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,295,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,72,Pemkot,8,Pengumuman,47,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,8,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Pemkot Usulkan Akan Menambah RSUD
Pemkot Usulkan Akan Menambah RSUD
https://1.bp.blogspot.com/-KUhXoGWKPGY/Xk47B-tkd5I/AAAAAAAAEnE/DMUm6vlvJvMvdf2BAh8xaRx9Z_NCVlUZwCLcBGAsYHQ/s640/Pemkot%2BUsulkan%2BTambah%2BRSUD.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-KUhXoGWKPGY/Xk47B-tkd5I/AAAAAAAAEnE/DMUm6vlvJvMvdf2BAh8xaRx9Z_NCVlUZwCLcBGAsYHQ/s72-c/Pemkot%2BUsulkan%2BTambah%2BRSUD.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/02/pemkot-usulkan-akan-menambah-rsud.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/02/pemkot-usulkan-akan-menambah-rsud.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP CARI BERITA BOGOR SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin